All 'bout Metal Music 'n Life

Cara membuat gitar MENJERIT


Apakah Anda selalu ingin membuat gitar Anda menjerit?, seperti Dimebag Darrel atau Mathias Ekhlund?, pernahkah Anda bertanya – tanya bagaimanakah cara mereka melakukannya?. Atau mungkin saja Anda sudah mengetahui cara melakukannya, yaitu dengan teknik gitar Harmonic, namun Anda masih ragu cara melakukannya dengan benar dan dengan akurasi yang seratus persen benar?

Untuk memainkan teknik Harmonic natural dan artifisial pada gitar sebenarnya tidaklah sesulit seperti kebanyakan orang pikir, namun memang banyak diantara kita yang setengah mati berusaha memainkannya namun tidak mencapai hasil yang maksimal. Sebenarnya inti masalahnya adalah konsistensi, kita harus percaya diri dan konsisten bahwa kita bisa membuat nada harmonik ini mulai sekarang dan sampai seterusnya, dan yakinkan diri bahwa kita bisa konsisten untuk melakukan hal ini. Di dunia per-gitaran kan kepercayaan diri adalah modal utama Sob

Coba Sobat bayangkan nih… jika suatu saat Sobat di beri kesempatan menggantikan seorang gitaris sebuah band yang sedang berhalangan, dan lagu yang mereka bawakan ini menuntut Anda sebagai gitaris memainkan solo yang di mulai dengan Pinch Harmonic, dan karena Anda belum percaya diri melakukan Pinching Harmonic ini, permainan Anda waktu itu membuat Anda merasa seperti seorang idiot??????. Waduh…. jangan sampai deh ya??

Tentu untuk menyikapi kejadian ini, kita tidak boleh terlena karena malu dan sebagainya, kita akan bangkit dan belajar lebih giat lagi, karena bisa jadi Anda akan melakukan hal ini kembali dengan mereka. Maka sebaiknya belajarlah lebih giat. Dan bila proses belajar ini (yang dilakukan dengan sungguh-sungguh) pasti akan membuat Anda terkejut karena Anda akan menemukan hal-hal baru dari nada Harmonik, posisi-posisi baru dimana nada Harmonik bisa di bentuk.

Jadi, apa sih inti masalahnya? Kebanyakan pemain gitar berasumsi bahwa mungkin teknik bermain saya yang masih kurang, seperti contohnya: “mungkin Saya memetik senarnya kurang kuat” atau “posisi tangan Saya kurang tepat”. Namun teknik nya sebenarnya adalah bagaimana Anda memetik senar gitar dengan pick di tangan kanan Anda dan bagaimana Anda “menyentuh” senar dengan jari tangan kiri Anda. Jika sekali saja Anda bisa melakukannya, maka seharus nya Anda bisa melakukannya setiap saat. Gak mungkin donk, sekarang Anda bisa melakukannya kemudian di Bar kedua Anda salah. Banyak dari para gitaris yang tidak tau bahwa Pinch Harmonic harus di mainkan dengan posisi tangan kanan yang tepat pada senar, dan beberapa gitaris memanfaatkan waktu nya untuk mempelajari hal ini secara benar.  Ditambah lagi bahwa posisi nada Harmonik ini berubah sesuai fret yang anda sentuh, sehingga banyak orang melakukan pinch harmonik ini pada saat tangan kanan nya merasa sudah di posisi yang tepat, dan berharap hasil yang keluar adalah yang terbaik. Trus bagaimana seorang gitaris profesional melakukannya tanpa cacat, tentu ada solusinya kan?, pasti ada cara melakukannya tanpa ada kesalahan, jangan melakukannya hanya dengan berharap y=hasil yang terbaik tapi dengan awal yang coba-coba dan mudah-mudahan.

Solusinya adalah: para gitaris profesional itu berlatih sungguh-sungguh dan memanfaatkan waktu yang dia punya (benar-benar menikmatinya) dan terus belajar dengan keikhlasan hati, hati yang senang, dan sekali lagi Sungguh-sungguh. Ini mungkin menjadi sebuah tugas yang sangat berat dan melelahkan, namun yakinlah suatu saat Anda akan memetik hasil dari usaha Anda selama ini. Dan dengan latihan yang sungguh-sungguh anada juga akan menemukan letak-letak nada harmonik ini secara alami, saat Anda memindahkan jari-jari Anda di fret gitar Anda.

Cara pertama adalah dengan mencari titik-titik dimana nada Harmonik itu berada. Natural Harmonik adalah nada-nada Harmonik yang di dapat dengan menyentuh senar tanpa menekan senar itu ke fretboard. Posisi yang paling sering di mainkan orang adalah di atas fret ke lima, ke tujuh dan ke dua belas, namun sebenarnya masih banyak lagi yang lain.

Atifisial harmonik adalah nada harmonik yang dimainkan saat senar Anda tekan di fretboard. Posisi artifisial harmonik ini dapat Anda temukan dengan menggeser posisi natural harmonik. Mari kita lihat contoh berikut: jika nada natural harmonik ada di fret ke tujuh, maka jika Anda menekan senar di fret ke tiga, itu berarti ada nada harmonik di fret 7+3= 10. Nada harmonik yang ada di fret ke 10 ini bisa anda dapatkan dengan menekan senar di fret ketiga, kemudian Anda sentuh senar tersebut dengan jari tengah tangan kanan Anda di fret ke 10, maka akan menghasilkan nada harmonik. Menyentuh disini yang saya maksud adalah dengan meletakkan dengan lembut ujung jari Anda di senar, bukan di tekan. Dengan kata lain, jika natural harmonik ada di freat ke tujuh maka berarti di fret mana pun kita menekan senar maka ada nada harmonik di 7 fret berikutnya. Ada juga harmonik yang di bunyikan dengan jempol tangan kanan Anda, saat Anda memetik senar, bersamaan dengan itu jempol tangan kanan Anda menyentuh senar yang barusan di petik. Dengan sedikit vibrato akan menambah sustain dari nada yang Anda hasilkan. Berbelit-belit emang bahasa Saya, mudah-mudah Anda bisa mengerti maksud yang Saya coba sampaikan disini. Sekali lagi, saya bukan MASTER GITAR, tapi saya coba berbagi ilmu yang mungkin saja bisa bermanfaat buat Sobat-sobat Metal is Power yang kurang memahami tentang bagaimana melakukan teknik bermain gitar. Saya pribadi juga sedang belajar melakukannya. Untuk para dewa gitar yang kebetulan membaca artikel ini, mohon saran dan kritiknya. Bagi Anda yang merasa artikel ini bermanfaat, silahkan di share dan di cantumkan asal usul tulisan, Thank you.

Iklan

2 responses

  1. Ping-balik: HIRAX – Immortal Legacy | Metal Is Power

  2. Ping-balik: Protest The Hero – Volition | Metal Is Power