All 'bout Metal Music 'n Life

Klasifikasi Melodic Death Metal


Melodic Death Metal adalah salah satu genre yang paling di perdebatkan di dunia musik Metal. Argumen-argumen akan selalu muncul ketika para Metalhead berbincang tentang band apa saja yang termasuk kedalam kategori Melodic Death Metal, kenapa Death Metal, apakah ini termasuk extreme metal atau tidak. Terjadi masalah ketika Melodic Death Metal itu sendiri belum pernah di definisikan. Untuk mendefinisikan sebuah band sebagai band yang mengusung aliran Melodic Death Metal maka kita harus mendefinisikan melodic Death Metal itu sendiri.

Melodic Death Metal selalu di perdebatkan atas validitas tittle Death MEtal. Beberapa orang mengatakan bahwa melodic Death Metal itu tidak sama dengan Death Metal. Beberapa orang lagi mengatakan bahwa melodic Death Metal itu ya seperti namanya, Death Metal dengan Melodi. Beberapa band bisa membuktikan bahwa kedua pendapat ini ada benarnya. Bentuk populer dari Melodic Death Metal adalah dari band-band Gothemburg seperti In Flames, Dark Tranquillity, At The Gates dan lain-lain. Pertama sekali kita akan membahas apa saja kesamaan dari band-band tersebut. In Flamnes, Dark Tranquillity dan At The Gates sama-sama di bentuk pada akhir tahun 80-an dan awal tahun 90-an dengan nama yang berbeda-beda. Dark Tranquillity awalnya bernama Septic Broiler, At The Gates merupakan peleburan yang membawa beberapa anggota dari band Grotesque, Tomas Lindberg menjadi sangat terkenal, dan ketenaran dari Bjorler bersaudara yang menjadi motor di balik proyek ini. Grotesque mewakili salah satu yang pertama dan yang paling extreme dalam genre ini. Grotesque di kenal di Swedia sebagai band Death Metal yang baru dengan budaya evil KVLTist Black Metal. Tipikal Theatrical Balck Metal ini memberikan Grotesque kesenangan tersendiri untuk tampil di banyak panggung. Grotesque juga memamerkan elemen-elemen Death Metal untuk menjamin keberadaaan Melodic Death Metal. Ceremonial Oath bersama mastermind band In Flames di masa depan Jesper Stromblad yang pada saat itu terhubung dengan Tomas Lindberg (At The Gates) dan gitaris Oscar Dronjak (di masa yang akan datang bergabung bersama Hammerfall). Ceremonial lebih demonstratif dalam pengontrolan tempo dan selingan melodi dari pada band-band yang ada sekarang seperti Dark Tranquillity dan In Flames. Ceremonial Oath kemudian memperoleh vokalis In Flames Anders Frieden dan extreme dan Death Metal tidak di benarkan untuk band ini.

Bagaimana sih awalanya semua band beranjak keluar dari area ini (Gothenburg) seperti para pendahulu mereka seperti Soilwork, Gardenian, dan kemudian datang gelombang dari Finlandia dengan Children Of Bodom , Norther, Eternal Tears Of Sorrow, dan lain-lain berhasil mempertahankan gelar Death Metal di nama Mereka. Pada waktu yang sama Death MEtal dari Stockholm juga berkembang pesat dengan band-band seperti Nihilsit, kemudian Entombed, Therion, dan Tiamat telah di bentuk. Gaya Metal Gothemburg ini di anggap sebagai bentuk saingan bagi Death Metal menurut para Metalhead Swedia.

Nah…. Sekarang dari sejarah genre ini sudah semakin jelas tentang apa itu Melodic Death Metal secara musik nya. Melodic Death Metal telah berkembang secara internasional selama beberapa tahun belakangan ini. Setelah gelombang Melodic Death Metal Gothenburg kemudian datang gelombang dari Finlandia. Dan ini berisi band band seperti yang kita bahas sebelumnya yaitu Children Of Bodom, Norther, dan Eternal Tears Of Sorrow), dan membawa pengaruh yang berbeda dari gelombang Swedia. Gelombang dari Finlandia ini mempertahankan dua gitar yang mengurangi kebrutalan dan lebih melodius ketimbang gelombang Swedia, dan lebih memasukkan apa yang di kenal orang jaman sekarang sebagai gaya permainan Power Metal kedalam permainan mereka. Gelombang Finlandia ini juga menerapkan gaya vokal yang Scream yang di sempurnakan oleh Mikael Stanne, Tomas Lindberg, dan rekan-rekan, namun dengan nada yang lebih jernih dan sedikit lebih tinggi. Hal ini saja memungkinkan untuk mengklasifikansikan band-band ini sebagai band Melodic Death Metal. DEngan penambhan keyboard memungkinkan kita untuk membandingkan dengan genre Power Metal. Lebih jauh, untuk membandingkan band-band ini dengan band Power MEtal, daftar perbedaan mereka berkambang sangat tipis. Gaya vokal dari dua genre in berbeda yang mana tidak dapat membuat sebuah band untuk bercampur genre, namun mari kita gali lebih dalam. Band-band yang di pertimbangkan sebagai band-band utama yang mengusung power metal dari Jerman mempunyai riff-riff yang berbeda sekali, seperti band-band Power Metal berikut: Running Wild, Edguy, Blind Guardian dan band-band lainnya. yang lebih terispirasi dari band-band Heavy Metal atau NWOBHM seperti Judas Priest, Iron Maiden dan Tank. Gelombang Finlandia ini bisa di pertimbangkan sebagai genre yang berdiri sendiri, namun banyak meminjam style dari Melodic Death Metal dan Power Metal yang juga klasifikasi nya bisa di perdebatkan.

Masih ada lagi gelombang Melodic Death Metal ini yang datang dari domba hitam berkebangsaan Amerika Serikat. Band-band ini di pertimbangkan sebagai band Metalcore, Post-thrash, seperti nama-nama lainnya juga. Band-band ini kebanyakan dari anak-anak muda Massachusetts seperti Shadow Fall, Killswitch Engage, dan band-band barat lain seperti Trivium. Band-band ini hampir mirip dengan gelombang Gothemburg. Kebanyakan musisi di genre ini mengidolakan Stromblad dan In Flames, Bjorler bersaudara dari At The Gates. Pendekatan Melodik nya dapat di lihat dengan jelas dari band seperti Shadowfall dan Unearth dan unsur thrash dapat kita lihat dari band seperti Lamb Of God. Secara Nada mereka ebih mirip dengan gelombang Gothemburg. Band Darkest Hour bahkan pergi ke Fredrik Nordstrom yang juga merekam album untuk  In Flames, Dark Tranquillity dan Opeth. Agar mereka mendapatkan atmosfir Gothemburg Metal.

Dengan unsur-unsur yang berbeda dan dari mana datangnya gelombang Melodic Death Metal ini maka kita bisa mendefinisikan apa melodic Death Metal itu sebenarnya. Di setiap gelombang kita bisa melihat adanya unsur Thrash Metal di sana seperti yang di usung oleh At The Gates, Soilwork dan Lamb Of God. Kita bisa merasakan pengaruh Power Metal pada band seperti Children Of Bodom, Norther, In Flames dan Dark Tranquillity. Kita juga bisa lihat unsur Death Metal pada band-band yang jelas jelas memulai sejarah seperti Arsis, Arghostlen, Vehemence, Garden Of Shadows yang memamerkan Death Metal dalam musik mereka. Ini bisa membawa kita pada kesimpulan bahwa Melodic Death Metal itu adalah penggabungan antara Thrash, Power, dan Death Metal. Klasifikasi dari genre ini sama luas nya dengan genre-genre yang menjadi pengaruh bagi mereka.

Iklan

7 responses

  1. Ping-balik: irish real estate listings

  2. Ping-balik: are toyo tires good

  3. Ping-balik: Scrapebox VPS Server

  4. Ping-balik: Scrapebox VPS Server

  5. Ping-balik: Chase Online Login

  6. Ping-balik: SEO

  7. Ping-balik: suchmaschinenoptimierung internet marketing