All 'bout Metal Music 'n Life

Biografi MOONSPELL


Moonspell adalah band Gothic Metal Portugal yang berasal dari kota Brandoa, Lisbon. Di bentuk pada tahun 1992, band ini merilis EP pertama mereka Under The Moonspell pada tahun 1994, setahun sebelum merilis album pertama mereka Wolfheart. Band ini dengan cepat mendapat status dan menjadi salah satu band paling di kenal yang berasal dari Portugal.

Moonspell mencapai puncak tanggal lagu Portugis dengan album mereka Sin/Pecado, dan bersama Metallica dan Iron Maiden mereka menjadi band Metal yang mampu menembus puncak tangga lagu di Portugis setelah merilis album pertama mereka Memorial ditahun 2006. Dengan Memorial Moonspell juga menjadi band Heavy Metal Portugal pertama yang mendapat sertifikat status emas. Mereka juga sangat populer di Jerman, dimana album Memorial tembus di tangga lagu nomor 68 di tangga lagu Top 100 disana.

Sejarah awal:

Walau mereka telah bermain sejak 1989 dengan nama Morbid God, band ini berubah nama menjadi Moonspell pada tahun 1992, tahun yang sama mereka merilis lagu promo Serpent Angel.

Terobosan (1995-1997)

Setelah merilis mini album Under The Moonspell, mereka menanda tangani kontrak dengan Century Media untuk enam album. Wolfheart di rekam di Jerman dengan produser Waldemar Sorychta dirilis pada tahun 1995 dan di ikuti dengan tur Eropa. Walaupun album itu mendapat sedikit pengakuan pada awalnya. Selama tur, gitaris Mantus keluar dari band dan digantikan oleh Ricardo Amorim.

Untuk album Irreligious (1997), mereka sekali lagi merekam album dengan di produseri oleh Waldemar Sorychta. Sementara album pertama di pertimbangkan sebagai Black Metal, album yang ini jatuh ke Genre Gothic Metal. Lagu Opium menjadi single pertama Moonspell. Lagu ini mengutip salah satu puisi Portugis karya Fernando Pessoa yang berjudul Heteronysm, Álvaro De Campos, pada syair nya Opiário, dan video musik ini menampilkan karakter si penyair sedang menulis syair nya di sebuah bar dengan latar band yang sedang bermain. Bersama rilisnya album di biara, Convento do Beato, sangat membantu band menjual album lebih dari 10.000 copy di tanah air mereka. Setelah mengalami konflik dengan band yang melibatkan hukum, pemain bass Ares cabut dari band dan di gantikan oleh Sérgio Crestana.

Percobaan (1998-2000)

Sin/Pecado (Pecado dalam bahasa Portugis berarti Dosa) di rilis pada tahun 1998. Album ini mempunyai gaya eksperimantal yang lebih dari album-album terdahulu. Lagu 2econd Skin di rilis sebagai single. Pada saat itu mereka merilis satu-satunya album Daemonarch yang berjudul Hermeticum. Daemonarch adalah proyek sampingan Moonspell yang di buat oleh semua anggota Moonspell kecuali drumer nya Mike Gaspar. Album ini kelihatannya tempat mereka kembali ke akar musik mereka yaitu Black MEtal dan semua lirikya di tulis oleh sang vokalis Fernando Ribeiro pada saat berumur anatara 14 dan 16 tahun.

Sin/Pecado kemudian di susul oleh The Butterfly Effect, yang di rekam di London dan di produseri oleh Andy Reilly. Album ini dipertimbangkan sebagai ekperimental alam juga. Berfitur stelan gitar yang turun dari standar. Album ini di komposisikan terutama oleh Gitaris dan Keyboardis Pedro Paixão dan sangat tidak di terima oleh kritikus Metal.

Darkness and Hope dan The Antidote (2001-2005)

Darkness and Hope di rilis pada tahun 2001 dan di produseri oleh Hiili Hiilesmaa, seorang produser juga untuk band Sentenced dan HIM. Album ini menembus posisi ke 79 di chart Jerman dan edisi spesial termasuk lagu-lagu kover dari Madredeus, Mr. Crowley-nya Ozzy Osbourne dan Love Will Tear Us Apart-nya Joy Division. Nocturna kemudian di rilis sebagai single dan musik video.

Pada tahun 2003 mereka merilis album The Antidote, dengan Niclas Etelävuori dari band Amorphis bermain sebagai musisi sesi pada bass. Album ini di rilis bersama sebuah buku yang di tulis oleh penulis Portugal José Luís Peixoto. CD dan buku ini mempunyai konsep yang sama, lagu-lagu yang ada di CD merupakan saudara dari babak-babak yang ada di buku yang menggambarkan lirik-lirik lagu di album ini. Lagu Everything Invadeed dirilis sebagai single dan musik video. Band ini kemudian secara rutin tur keliling dunia, bermain di Rock In Rio, Lisbon pada tahun 2004, sebuah konser yang membawa mereka ke jalan Mainstream di Portugal. Mulai dari album ini, semua tur mengikut sertakan Aires Pereira sebagai pemain bass.

Dalam tahun 2003, mereka merekam lagu kover dari Jazz Standard berjudul I’ll See You In My Dreams untuk mengisi Soundtrack film horor singkat di Portugis dengan judul yang sama.

Memorial, Under Satanæ dan Night Eternal (2006-sekarang)

Memorial dirilis pada tahun 2006. Di rekam dengan produser dati tiga album sebelumnya Waldemar Sorychta, yang juga mereka bagian bass, album ini menjadi album pertama yang di rilis di bawah nama perusahaan rekaman yang baru mereka SPV Steamhammer. Album ini mencapai puncaknya di chart portugal pada minggu awal rilisnya dan juga menembus chart top 100 di Jerman pada urutan 68. Memorial mencapai gold status di Portugal setelah menjual 100.000 copy, yang membuat Moonspell menjadi band yang pertama yang mencapai gelar itu.

Walau album ini lebih berat dari album sebelumnya, album ini mendapat sambutan baik dari masyarakat Metal dan sering masuk kedalam berita di Portugal. Rilisan baru dari album ini di rilis pada bulan Desembar 2006 dan termasuk sebuah DVD live konser dan musik video yang di buat untuk album ini. Kemudian musik video untuk Finisterra dan Luna di rilis.

Band ini kemudian mengerjakan rilis sebuah DVD yang aslinya berjudul Lunar Still/13 Years Of Doom, namun karena beberapa alasan di tunda rilisnya, yang aslinya di harapkan pada bulan September 2005. Terpaksa di rilis pada tanggal 9 Desember 2008 dengan judul baru Lusitanian Metal.

Pada tanggal 02 November 2006, Moonspell memenangkan MTV Europe Music Award pada kategori Best Portuguese Act.

The Great Silver Eye, album best mereka, dirilis pada tanggal 26 Juni 2007. Pada tahun 2007, Moonspell merilis Under Satanæ sebagai rekaman ulang dari lagu-lagu terdahulu mereka. Album terbaru mereka di kenal berjudul Night Eternal di rilis pada tanggal 16 Mei 2008. Single utama album ini Scorpion Flower di bawakan dengan vokalis Belanda Anneke Van Giersbergen (Mantan The Gathering, Sekarang di Agua De Annique). Moonspell mengadakan tur Blackest Of The Black bersama Danzig, Winds Of Plague, Dimmu Borgir dan Skeletonwich. Moonspell tur keliling Eropa bersama Cradle Of Filth, Gorgoroth, Septic Flesh dan Asrai pada tahun 2008

13 responses

  1. Ping-balik: two player games

  2. Ping-balik: car scratch paint repair

  3. Ping-balik: trucking accident attorney pearblossom ca

  4. Ping-balik: Server

  5. Ping-balik: chaseonlinelogon

  6. Ping-balik: Scrapeboard

  7. Ping-balik: tableau design

  8. Ping-balik: Online Marketing

  9. Ping-balik: Online Marketing

  10. Ping-balik: Online Marketing

  11. Ping-balik: montre binaire

  12. Ping-balik: gratis suchmaschinenoptimierung

  13. Ping-balik: Buy Facebook Fans