All 'bout Metal Music 'n Life

Apa itu Folk Metal???


Folk Metal adalah sub genre dari Heavy Metal yang di kembangkan di Eropa pada tahun 1990-an. Seperti namanya, genre ini adalah peleburan dari Heavy Metal dan musik tradisional. Dalam genre ini penggunaan alat-alat musik tradisional adalah sesuatu yang pasti. Dan gaya bernyanyi tradisional juga sangat di butuh kan seperti band dari Belanda Heidevolk, band dari Denmark Sylvatica dan band dari Spanyol Stone of Erech.

Band pertama yang membawakan contoh dari genre ini adalah band Inggris bernama Golgotha, yang pada tahun 1984 merilis album EP berjudul Dangerous Games yang berisi pencampuran antara New Waves Of British Heavy Metal dengan music tradisional. Namun genre ini tidak di lanjutkan pengembangannya, namun dengan munculnya band dari Inggris lainnya, Skyclad dengan debut album mereka berjudul The Wayward Sons of Mother Earth yang dirilis pada tahun 1990 genre ini mulai diangkat kembali. Kemudian bermunculan juga band-band dari area lain di Eropa seperti juga dari Israel pada tahun 1994 sampai 1995. Diantara sekian banyak band ini, band dari Irlandia Cruachan dan band dari Jerman Subway to Sally yang masing-masing membawa pengaruh music dari area yang berbeda dan dengan berjalannya waktu mereka lebih di kenal sebagai band-band yang bergenre Celtic Metal dan Medieval Metal. Di luar kontribusi mereka Folk Metal tetap saja jarang di ketahui orang pada tahun 1990-an. Sampai pada awal tahun 2000 dimana genre ini meledak ke permukaan, terutama di Finlandia dengan usaha keras dari grup-grup seperti Finntroll, Ensiferum, Korpiklaani, Turisas dan Moonsorrow.

Karakteristik Folk Metal di bentuk dari keragaman band-band yang membawakan Heavy Metal dan musik tradisional dari berbagai area di Eropa. Variasi alat-alat musik tradisional yang digunakan tegantung dari area mana band itu berasal membuat formasi anggota band tersebut otomatis manjadi banyak orang dengan enam atau lebih anggota. Beberapa band juga di kenal membuat suara-suara alat music tradisional tersebut dengan mangandalkan keyboard. Dalam genre ini lirik lagunya seputar fantasi, mitologi, paganisme, sejarah dan alam.

Iklan

2 responses

  1. mantap mas… salam Metal dari saya!! \m/

    Supercoolzz

    6 November 2012 pukul 12:28

  2. Ping-balik: Apa itu CELTIC METAL??? « Metal Is Power