All 'bout Metal Music 'n Life

Apa itu CELTIC METAL???


Celtic Metal adalah sub genre dari Folk Metal yang di bangun pada tahun 1990-an di Irlandia. Seperti namanya, genre ini adalah peleburan dari Heavy Metal dan music Celtic. Band-band yang terhitung sebagai pemula genre ini adalah tiga band asal Irlandia yaitu Cruachan, Primordial dan Waylander. Genre ini sekarang sudah di perluas dari pantai Irlandia dan telah di mainkan oleh band-band dari berbagai Negara di dunia.

Asal muasal Celtic Metal dapat kita cari dari sejarah perjalanan band yang pertama kali menganut aliran Folk Metal Inggris, Skyclad. Debut album mereka The Wayward Sons of Mother Earth yang sangat ambisius di rilis pada tahun 1990 dengan lagu berjudul The Widdershins Jig di nyatakan sebagai album yang sangat signifikan dan pasti yang pertama dalam dunia Metal. Album ini membawa dampak yang hebat kepada Keith Fay muda untuk membentuk sebuah band Black Metal yang di beri nama Minas Tirith.

Terinspirasi dari musik Skyclad dan Horselips, Keith Fay mengkombinasikan music Black Metal dan music daerah Irlandia. Dia membentuk band Cruachan pada tahun 1992 dengan rekaman demo yang di rilis pada tahun 1993. Seperti halnya Waylander, Keith Fay juga memberikan pujian kepada band rock asal Irlandia Horselips sebagai inspirasi terbesarnya Cruachan. Selanjutnya dia bilang “Apa yang mereka lakukan di era 70-an adalah persamaan dengan apa yang kami lakukan sekarang ini.” Debut album Cruachan yang berjudul Tuatha Na Gael yang di rilis pada tahun 1995 membuat band ini di nyatakan oleh setiap orang sebagai band yang telah berusaha mengembangkan genre  Folk Metal. Dengan berfokus lebih spesifik kepada musik celtic dan pemakaian mitologi celtic kedalam lirik-lirik lagu mereka, makanya saat ini gaya musik Folk nya Cruachan dikenal sebagai Celtic Metal. Seiring dengan Cruachan, band Black Metal Primordial juga merilis demo yang direkam pada tahun 1993 dan membuat diri mereka di gembar-gemborkan sebagai orang pertama dalam perkembangan Second Wave Black Metal Movement. Musik daerah Irlandia menjadi cirri khas permainan Primordial namun dengan kesan gelap dalam cara yang sangat halus melalui Chord-chord yang di mainkan dan tempo lagu-lagu mereka. Tahun 1993 juga menjadi awal terbentuknya formasi band Waylander. Dengan vokalis Ciaran O’Hagan sebagai orang terdepan di band ini, mereka mereka merilis demo yang di rekam pada tahun 1995 Dan sebuah debut album berjudul Reawakening Pride Once Lost di keluarkan pada tahun 1998. O’Hagan menyatakan bahwa adalah sebuah kebetulan saja kalau Primordial, Cruachan dan Waylander lahir selang setahun saja masing-masingnya. Sejak saat itu beberapa band lain yang berasal dari Irlandia juga muncul menganut aliran Celtic Metal termasuk Geasa dan Mael Mordha.

Seiring bergantinya millennium, genre ini telah berkembang dan telah banyak band-band di luar pantai Irlandia yang menganut aliran Celtic Metal. Termasuk band-band seperti Eluveitie dari Swiss, Mago de Oz dari Spanyol, dan Suidakra dari Jerman. Meskipun asal muasal Celtic Metal dari Irlandia, namun di Irlandia sendiri genre ini kurang popular. Menurut Ciaran O’Hagan meskipun Primordial adalah band metal terbesar di Irlandia secara penjualan dan profil internasional, namun mereka hanya mampu menjual 500 copy album mereka di Negara mereka sendiri. Tidak seperti band lain, seperti Mago de Oz yang meraih sukses besar di sebagian besar Negara mereka (Spanyol), mexico dan Amerika Utara.

Sama seperti induk genre mereka (Folk Metal), music Celtic Metal mempunyai beragam koleksi band-band yang mengejar subgenre berbeda dari music Heavy Metal. Sementara band-band seperti Suidakra melakoni jalan mereka dengan subgenre yang lebih ekstrim dari Black Metal atau Death Metal, band-band seperti Mago de Oz lebih memilih jalan kearah sound Power Metal tradisional. Satu kesamaan dari mereka itu adalah meletakkan musik Celtic kedalam Heavy Metal. Banyak dari band-band di atas tadi memperkaya musik mereka dengan pemakaian instrumen musik daerah. Alat musik Fiddle di gunakan oleh band seperti Mago de Oz dan Eluveite. Alat musik seperti Tin Whistle dan Flute dapat kita dengar di band seperti Cruachan, Waylander dan Eluveite.

Komentar ditutup.