All 'bout Metal Music 'n Life

Biografi JOHN PETRUCCI


Nama Lahir: John Peter Petrucci

Lahir: 12 Juli 1967, Kings Park, Long Island, New York

Genre: Progressive Metal/Instrumental Rock/Progressive Rock/Jazz Fusion

Instrumen: Guitar, Vocals, Bass, Drum, Programming

Aktif sejak: 1985-sekarang

Label: Roadrunner, Soundmind Music, Magna Carta

Artis terkait: Dream Theater, Liquid Tension Experiment, Explorers Club, Jon Finn Group, Nightmare Cinema, G3

Instrumen utama: Ernie Ball Music Man John Petrucci Signature Model

John Peter Petrucci lahir pada tanggal 12 Juli 1967 adalah seorang gitaris dan penulis lagu dari Amerika lebih di kenal sebagai pendiri band raksasa Progressive Metal Dream Theater. Bersama mantan teman satu band nya Mike Portnoy, dia telah memproduseri semua album Dream Theater sejak rilis tahun 1999, Metropolis Pt. 2:Scenes From A Memory. Dia juga sebagai backing vokal untuk Dream Theater. Petrucci telah menjadi gitaris ketiga di konser G3 sebanyak enam kali, lebih sering daripada gitaris lain yang di undang. Pada tahun 2009 dia di nobatkan sebagai gitaris No:2 oleh Joel Mclver pada bukunya yang berjudul The 100 Greatest Metal Guitarist. Dia juga di nobatkan sebagai salah satu Top 10 Greatest Guitar Shredders Of All Time  oleh majalah GuitarOne.

John Petrucci di lahirkan pada tanggal 12 Juli 1967 di Kings Park New York dari keluarga campuran Italia Amerika. Dia mulai megang gitar pada usia delapan tahun karena kakak perempuannya baru mengijinkan dia tidur setelah belajar piano. Namun dia memutuskan untuk berhenti main gitar ketika usaha nya untuk tetap terjaga sepanjang malam gagal. Dia baru megang gitar lagi pada usia dua belas tahun ketika teman semasa kecil dan nanti akan menjadi pemain keyboard di Dream Theater Kevin Moore mengundang John untuk bergabung dengan band nya.

John masuk sekolah musik di Berklee College Of Music di Boston dengan teman masa kecilnya John Myung (pemain Bass di Dream Theater), dimana mereka bertemu dengan calon teman satu band mereka nantinya di Dream Theater Mike Portnoy (Drummer di Dream Theater). Mereka bertiga di tambah dengan Kevin Moore membentuk band Majesty, yang kemudian menjadi Dream Theater.

Sementara Dream Theater menjadi urusan utama Petrucci, dia juga menjadi bagian dari proyek sampingan yang di beri nama Liquid Tension Experiment dan telah tampil sebagai bintang tamu di beberapa rekaman artis lain seperti di album Age Of Impact-nya Explorer’s Club.

Petrucci telah merilis sebuah instruksional gitar video yang di beri judul Rock Discipline, yang mengandung latihan pemanasan, latihan untuk menghindari kecelakaan selama bermain gitar, alternate picking, sweep picking, chords dan teknik lainnya untuk mengembangkan permainan gitar. Petrucci juga mempunyai buku yang berjudul Guitar World Presents John Petrucci’s Wild Stringdom, yang di ambil dari tulisannya untuk majalah Guitar World yang mengangkat judul yang sama.

Pada tahun 2001 Petrucci di undang oleh Joe Satriani dan Steve Vai untuk ikut tur G3 dengan mereka, yang memperkenalkan dia ke banyak fans baru dan menginspirasi nya untuk merekam album solo. Album Suspended Animation di rilis pada tanggal 01 Maret 2005 dan telah di buat tersedia untuk pemesanan di website pribadinya. Petrucci juga tampil di tur G3 pada tahun 2005 dan 2006, dan di tahun 2007 dia ikut lagi, kali ini bersama Paul Gilbert dan Joe Satriani. Dalm sebuah video dengan Larry DiMarzio, Petrucci mengatakan bahwa dia akan masuk studio untuk mengerjakan album selanjutnya setelah Suspended Animation seiring dengan album baru Dream Theater.

Petrucci  juga telah merekam dua soundtrack untuk Sega Saturn Game yang berjudul Digital Pinball: Necronomicon. Setiap track berdurasi dua menit dan masing-masing di beri judul Prologue dan Epilogue.

Menurut Spoof Rock Band Nightmare Cinema (anggota Dream Theater bermain dengan gantian instrumen) dia mendapat nama panggung sebagai Johny James.

Jordan Rudess  mengungkapkan dalam sebuah interview bahwa Petrucci  adalah seorang Katolic. Dia sekarang tinggal di St. James, New York bersama istrinya Rena Sands, yang juga seorang gitaris dari band Metal beranggotakan perempuan semua bernama Meanstreak. Mereka memiliki 3 orang anak, Samantha dan Reny (kembar) dan Kiara. Dia juga seorang yang gemar sekali akan Bodybuilding dan sering menghabiskan waktu luang nya untuk latihan angkat berat.

Petrucci  di segani karena dia menguasai banyak teknik dan skill bermain gitar. Salah satu yang paling utama dari permainannya adalah kecepatannya dalam memainkan teknik alternate pickingnya yang dia sendiri menyatakan bahwa membutuhkan perasaan yang sangat kuat dalam men-sinkronkan tangan kiri dan tangan kanan. Petrucci juga sangat sering memainkan gitar 7 senarnya yang dikatakannya adlalah sebagi alat tulisnya dalam bermusik, yang sangat menguntungkannya untuk bermain dalam lagu yang berirama berat seperti Mirror dan dalam bermain solo dengan jarak yang luar biasa seperti This Dyng Soul. Petrucci juga sering membuka lagu Dream Theater pada konser-konsernya dengan membawakan intro lagu dari band lain seperti Pink Floyd dan Metallica, dan ini juga menunjukkan bahwa dia memang mempunyai banyak referensi dalam bermusik.

Iklan

18 responses

  1. Ping-balik: 1 hour loans no credit check

  2. Ping-balik: "Marketing LinkedIn

  3. Ping-balik: all 2 player games

  4. Ping-balik: assembly jobs in scottsdale arizona

  5. Ping-balik: side by side refrigerator reviews

  6. Ping-balik: self supporting tower

  7. Ping-balik: searscard

  8. Ping-balik: VPS

  9. Ping-balik: www.chase.com

  10. Ping-balik: Banken

  11. Ping-balik: SEO

  12. Ping-balik: Internet Marketing

  13. Ping-balik: seo kampagne

  14. Ping-balik: Online Marketing

  15. Ping-balik: Webseitenanalyse

  16. Ping-balik: gratis suchmaschinenoptimierung

  17. Ping-balik: seo und sem

  18. Ping-balik: DREAM THEATER – A Dramatic Turn Of Events | Full Length Album 2011 « Metal Is Power