All 'bout Metal Music 'n Life

Biografi KAI HANSEN


Nama Lahir: Kai Michael Hansen

Tempat/Tanggal lahir: Hamburg, Jerman Barat/17 Januari 1963

Genre: Power Metal/Speed Metal

Pekerjaan: Musisi, Penulis lagu, Produser

Instrumen: Guitar, Vokal

Tahun Aktif: 1978-sekarang

Label: SPV

Artis Terkait: Gamma Ray, Helloween, Iron Savior, Hansi Kürsch, Blind Guardian, Avantasia, HammerFall, Angra, Stormwarrior, Unisonic

Instrumen utama: ESP SV Flying V, Engl Amplifiers

Kai Hansen adalah seorang gitaris dan vokalis yang bergenre Power Metal. Hansen adalah pendiri, Lead gitaris dan vokalis band Gamma Ray. Dia adalah seorang figur yang terkemuka di dunia Power Metal. Dia juga telah menjual jutaan kopi album di seluruh dunia. Dia di juluki sebagai “The Grandfather of Power Metal”. Pada tahun 2011 ini dia bergabung dengan band Unisonic bersama mantan vokalis Helloween, Michael Kiske.

Karir musiknya di mulai pada tahun 1978 bersama sebuah band bernama Gentry, dengan temannya Piet Sielck yang juga pendiri band Iron Savior. Pada tahun 1983, dia dan Michael Weikath membentuk Helloween, dimana dia sebagai gitaris dan vokalis, sampai Michael Kiske mengambil mikrophone mulai album Keeper of the Seven Keys Part1 dan Keeper of the Seven Keys Part2. Dia keluar dari Helloween dengan alasan jadwal tur yang terlalu padat dan membentuk band beraliran Power Metal sendiri yang dia beri nama Gamma Ray. Hansen juga bergabung dengan Iron Savior sebagai gitaris, namun setelah beberapa tahun dia berhenti karena dia ingin fokus pada usahanya di Gamma Ray. Sekarang dia telah mengalami kesuksesan karir bersama Gamma Ray. Telah merilis beberapa album dan telah tampil di konser-konser yang semua tiket nya terjual habis.

Kai berpartisipasi di banyak proyek sampingan, dia tampil sebagai vokalis bintang tamu di album Blind Guardian yang berjudul Follow The Blind dan Tales From The Twilight World. Pada saat yang sama, dia dan teman satu band nya di Gamma Ray, Dirk Schlächter berkolaborasi di album full length pertama Angra yang berjudul Angels Cry, mereka berdua mainin gitar solo di lagu Never Understand. Dia juga berkolaborasi dalam album Angra yang berjudul Temple of Shadows  yang di rilis pada tahun 2004, dia bernyanyi di lagu The Temple Of Hate. Bersama band HammerFall dia merekam versi kover nya Helloween, I Want Out.

Kai memainkan peran sebagai kucaci Regrin di album Metal Opera-nya Avantasia. Kemudian dia tampil di album The Scarecrow, dia main gitar di lagu Shelter From The Rain. Dia juga salah satu bintang tamu di tur keliling dunia nya Avantasia yang membuat dia bermain kembali dengan Michael Kiske, setelah lebih dari dua puluh tahun dia meninggalkan Helloween. Setelah tur ini di umumkan di situs resmi Michael Kiske bahwa Kai hansen akan bergabung dengan dirinya di band baru Michael Kiske yang bernama Unisonic, dimana mereka merasa keajaiban masa-masa dulu di Helloween terasa kembali baik sewaktu di atas panggung maupun setelah turun dari panggung.

Pada tahun 2005, dia ikut tur dengan band kampung halamannya Stormwarrior yang bergenre Power/Viking Metal sebagai vokalis utama, mereka membawakan materi dari album debut-nya Helloween, Walls Of Jericho, yang merupakan inspirasi terbesar bagi band Stormwarrior. Stormwarrior bersama Kai Hansen kembali tampil di Magic Circle Festival di Bad Arolsen dan di Wacken Open air festival. Pada tahun 2008 Kai Hansen tampil bersama Stormwarrior di Sweden Rock Festival 2008.

Dia banyak mempengaruhi hampir semua band beraliran Power Metal dari Eropa, dan perkenalannya dengan bentuk baru dari Heavy Metal sewaktu dirinya bersama Helloween telah memberikannya gelar yang di berikan oleh musisi Power Metal lainnya sebagai The Grandfather Of Power Metal.

Pada tahun-tahun awal karirnya, cara bernyanyi Kai Hansen lebih mirip dengan vokalis dari Thrash Metal. Hansen bernyanyi dengan suara yang parau, tidak dengan suara yang lebih halus dan clear (seperti pengikutnya Michael Kiske), di interlude dengan teriakan yang nyaring untuk mendapatkan efek dramatik nya. Kiske dibawa masuk band karena Hansen mengalalmi kesulitan bernyanyi sambil tetap memainkan gitarnya, walaupun pada akhirnya, spanjang karirnya dengan Gamma Ray masalah ini sudah bisa ia atasi.

Mulai tahun 1995, Hansen telah menjadi vokalis utama di band barunya Gamma Ray. Sekitar waktu itu pula gaya bernyanyi nya menjadi lebih merdu dan jernih, seperti halnya seorang vokalis Power Metal lainnya, walaupun di tahun-tahun awalnya dia masih mempertahankan suara hidung dan parau ya dulu.

Lebih dari dua puluh tahun Hansen memainkan gitar ESP. Pertama ia gunakan gitar ini pada saat masih di Helloween sewaktu ada testimoni dari artis yang sudah lebih dulu menggunakan ESP seperti George Lynch dan Kirk Hammet. Sebelum di Helloween dia punya gitar Ibanez putih, Les Paul, dan ampli Marshall. Model ESP utamanya adalah ESP custom berwarna Pink berdasarkan model milik Randy Rhoad dan dua model custom V berdasarkan model klasik Flying V Gibson. Awal tahun 90-an Hansen memakai Stratocaster. Pada biografinya di website Gamma Ray, dia mengatakan bahwa gitar pertamanya adalah gitar Ibanez putih dengan model Les Paul. Kai telah menggunakan dan masih menggunakan Ampli Engl semenjak sesi perekaman Keeper Of The Seven Keys Part2.

Iklan

20 responses

  1. Ping-balik: 2 player games online

  2. Ping-balik: hip dysplasia information

  3. Ping-balik: guide to self publishing

  4. Ping-balik: automobile accident attorney pinon hills ca

  5. Ping-balik: www.searscard.com

  6. Ping-balik: Online Banking

  7. Ping-balik: Server

  8. Ping-balik: Chase Online Log in

  9. Ping-balik: chaseonlinebanking

  10. Ping-balik: Suchmaschinenoptimierung

  11. Ping-balik: Online Marketing

  12. Ping-balik: seo

  13. Ping-balik: SEO

  14. Ping-balik: Webanalyse

  15. Ping-balik: online shop seo

  16. Ping-balik: suchmaschinenoptimierung google

  17. Internet is one of the few markets on the planet during which individuals can start industry with little cash and make a whole and successful.

    9 Oktober 2011 pukul 13:05

  18. Ping-balik: Biografi MARKUS GROßKOPF « Metal Is Power

  19. Ping-balik: Biografi ULI KUSCH « Metal Is Power

  20. ben-q

    my only master

    1 Agustus 2011 pukul 03:51