All 'bout Metal Music 'n Life

Tetapkan tujuan Anda belajar gitar


Kita semua pasti pernah merasakan hal ini, suatu saat Anda sedang asik mendengarkan lagu-lagu dari album terbaru Steve Vai atau Joe Satriani, atau para dewa gitar yang lain, dan Anda pikir permainan mereka sangat keren. Trus timbul pikiran untuk “Nih… dia nih… Ane harus belajar lagu ini“. Kemudian Anda mulai duduk dengan gitar Anda, mulai mempelajari tab-nya, atau dengan pendengaran saja. Kemudian Anda mulai meng-identifikasi bagian-bagian sulitnya sehingga Anda tau bagian mana saja yang harus di latih. Namun seiring berjalannya waktu, ternyata ada lagu lain, lick lain, skala lain dan skill bermain gitar lain yang jauh lebih keren yang ingin Anda dalami. Sehingga Anda mencoba mempelajari yang baru ini dan meninggalkan yang lama yang sebenarnya belum selesai Anda kulik. Hingga pada suatu hari Anda merasa putus asa, berjalan tanpa arah, gak tau mau kemana…, dan yang lebih parah Anda bahkan lupa mulai dari mana dan mau kemana???

Saya tau itu semua, karena Saya juga merasakannya. Rasanya ingin sekali memainkan sebuah lagu keren yang banyak orang bilang skill bermain gitar di lagu ini “kelas Dewa“. Dan suatu hari ada lagi lagu lain yang rasanya lebih keren, pengen lagi mainin nih lagu, kulik lagi, begitu terus dan seterusnya, hingga saat rasa frustasi dan dan bingung datang menyergap, hingga Saya merasa tidak ada kemajuan sama sekali. Saya hanya jalan di tempat. Inilah alasan kuat kenapa kita harus Menetapkan tujuan belajar bermain gitar.

Kenapa menetapkan tujuan belajar bermain gitar ini harus benar-benar kita fokuskan??. Ini akan membuat kita tetap di jalur kita sebagai mana mestinya, membuat kita tetap fokus, tetap termotivasi, karena ini lah kita tau kemana tujuan kita dalam belajar setiap waktu. Seperti hal nya orang yang sedang belajar lompat galah, tau kah Anda mengapa si atlit begitu mudah melakukannya, karena dia berlatih setiap waktu dengan sungguh-sungguh, fokus dan tetap termotivasi. Singkatnya, bila Anda tau kemana tujuan Anda, cepat atau lambat Anda pasti sampai ke tempat tujuan Anda tersebut.

Pertanyaan utama nya tentu “Bagaimana caranya?

Ada 5 cara melakukan ini:

Pertama: Anda harus lebih spesifik. Anda harus benar-benar tau apa yang Anda mau. Jangan sampai Anda punya tujuan “Saya harus jadi master alternate picking“, tapi sugesti pikiran Anda untuk “Saya harus bisa bermain alternate picking dengan tempo 200BPM“, dengan begitu Anda akan punya tujuan yang lebih jelas. Sehingga Anda jadi benar-benar tau apa saja yang harus Anda latih agar tujuan Anda tersebut bisa tercapai.

Kedua: Anda harus selalu punya ukuran dan selalu termotivasi. Anda harus tau seberapa jauh lagi Anda dari tujuan Anda dan bagaimana kemaajuan Anda sampai saat ini supaya Anda tau apa saja yang harus di lakukan untuk mencapai tujuan Anda. Sebagai contoh, Anda akan berkendara jauh atau hanya akan berkendara ke pasar, tentu saja persiapannya berbeda, jika Anda akan berkendara jauh tentu semua persiapan seperti tas dan sebagainya, sementara jika hanya akan ke pasar tentu cukup bawa dompet saja. SEberapa jauh Anda dari tujuan Anda sangat menentukan langkah-langkah berbeda yang harus di ambil untuk mempersiapkan hal-hal menantang yang akan Anda hadapi kedepannya, begitu juga persiapan mental untuk apa saja yang akan Anda lalui sepenjang jalan, dan ini akan sangat mengurangi rasa frustasi Anda.

Ketiga: Tetapkan tujuan yang dapat di capai. Dalam hal ini Anda harus benar-benar realistis. Saya tidak bilang Anda hanya bisa memainkan beberapa teknik dengan kecepatan 10 BPM saja, atau lebih sedikit. Tapi Anda harus memberikan target yang lebih tinggi untuk diri Anda, walaupun saat ini Anda tau kecepatan Anda hanya mentok di 10BPM, lakukan lah selalu hal terbaik Anda, tetapkan tujuan sampai 100BPM. Pastikan Anda bisa melihat diri Anda sampai ke tujuan tersebut, atau jika tidak, hanya frustasi yang akan Anda dapatkan.

KeEmpat: Anda harus relevan bahkan untuk apapun yang Anda inginkan. Apakah Anda ingin memainkan nada-nada dalam kecepatan yang membingungkan diri Anda sendiri. Apakah memang perlu menerapkan semua jenis skill saat ini, atau hanya beberapa saja dulu, setidaknya untuk saat ini?. Seperti tulisan-tulisan Saya terdahulu tentang gitar, akan saya tekan kan kembali tentang waktu-waktu yang terpakai dalam belajar gitar, SELALU NIKMATI WAKTU ANDA. Belajar dan bermain lah dengan hati yang senang, enjoy saja dulu. Tentu kita tidak ingin belajar memainkan sebuah skill dengan perasaan stress karena menurut kita skill ini sangat rumit. Intinya jangan terlalu memaksa untuk mencapai tujuan kita tadi. Nikmati saja dulu apa yang sudah kita capai saat ini, seiring waaktu, yakinlah Anda akan sampai ke tujuan Anda. Memang ada beberapa orang yang di anugrahi bakat yang sangat besar oleh ALLAH SWT. Jika anda bukan salah satu dari orang-orang ini, maka jangan langsung berputus asa. Yang penting tujuan tercapai, itu hanya soal waktu.

Kelima: Orientasi waktu. Salah satu rahasia besar dalam belajar adalah Semua di dunia ini ada waktu nya. Anda harus tau apa saja yang anda mau lakukan di hari esok. Tapi akan sangat menguntungkan bagi anda jika anda sudah merencanakan semuanya dari awal, tengah dan akhirnya. Anda bisa saja merencanakan teknik-teknik apa saja yang akan Anda pelajari dalam seminggu ini, atau sebulan ini, dan bahkan dalam setahun ini. DEngan mengetahui tujuan jangka panjang Anda, Anda akan lebih mudah merencanakan apa-apa saja yang harus anda lakukan hari ini dengan gitar anda. Terakhir, gunakan tujuan Anda untuk mengarahkan cara Anda berlatih, ini sangat perlu di rencanakan dari awal.

Kesimpulan: Kita telah melihat bahwa menetapkan tujuan adalah sebuah alat yang sangat kuat dalam mengontrol diri kita agar kita selalu tau kondisi dan posisi kita saat ini. Kelima cara di atas tadi akan menjaga kita tetap fokus, selalu update keadaan kita saat ini. DEngan begitu kita tidak akan pernah tersesat lagi. Dalam perjalanan yang sangat jauh tentu saja ada hal-hal indah yang kita temui sepanjang jalan, dalam bermain gitar hal ini sangat sering kita temui, dan jika anda tidak bisa menikmati hal-hal indah tersebut dan tidak mampu merenungkannya tentu tujuan bukanlah sesuatu yang berharga buat Anda.

Penulis bukan mau SOK mengajari anda, penulis juga sedang belajar. Tentu akan lebih baik jika kita belajar sama-sama, dan penulis ingin berbagi pengetahuan yang tidak seberapa ini. Harapan besar penulis agar apa yang tertulis disini dapat menjadi hal yang bermanfaat buat kita semua.

Komentar ditutup.