All 'bout Metal Music 'n Life

Pearl Jam adalah nama yang di usulkan Eddie Vedder


Lagu yang dikirim balik oleh Eddie itu bikin girang Stone dan Jeff. Tanpa Ba-bu lagi, si jago basket itu segera di panggil untuk bergabung. Pada saat bersamaan Stone dan Jeff juga mengajak Dave krusen, eks drummer Dr.Tongue. Tentu saja Matt Cameron harus kembali pada Soundgarden, Karena semula niatnya memang cuma membantu. Dengan begitu posisi yang ada adalah Eddie Vedder (vokalis), Stone Gossard (gitar), Jeff Ament (bass), Michael McCready (gitar), dan Dave krusen (drum). Itu sudah cukup untuk mendirikan grup baru.

Untuk nama dipilihnya Mookie Blaylock. Diambil dari nama seorang pemain basket dari club New  jersey Net. “Kami asal comot aja,” ucap Eddie. karena sembarangan inilah mereka ketanggor masalah ketika melakukan perjanjian kontrak dengan Epic Record. Untuk memakai nama Mookey Blaylock, harus mempunyai ijin dari yang punya nama. Eddie kemudian mengusulkan nama Pearl Jam, yang berasal dari nama neneknya. Pearl ini rupanya nyentrik juga. Dia sering mencampur selai (jam) dengan obat bius, sebelum di sajikan pada suaminya. Kebiasaan ini diam-diam menarik perhatian Eddie. Karena itu, ketika persoalan nama sudah mentok, dia memadukan begitu saja nama Pearl dan Jam. Jadi deh, kelompok seperti yang kita kenal sekarang.

Pada saat tengah menyiapkan rekaman untuk Epic, tahu-tahu Chris Cornell muncul lagi. Bukan untuk mengacak-acak susunan yang sudah rapi jali itu.  Melainkan membawa proyek musik yang di beri nama Temple of the dog (yang di ambil dari lagu MLB). Chris menginginkan proyek itu sebagai penghormatan untuk Andrew wood.

Stone, yang di tawari, setuju. Mereka lantas memanggil kembali personel lama dari MLB, Bruce Fairweather. Para pemain Pearl Jam pun dilibatkan. Yang tak ikutan cuma Dave Krusen, karena di gantikan oleh drummer Soundgarden, Matt Cameron. Eddie senndiri kebagian ngisi suara di nomor Hunger Strike dan Your Savior. Proyek patungan simpati ini menghasilkan 10 lagu, dan di edarkan oleh A&M record pada 1991.

Pada tahun yang sama Pearl Jam merilis album debutnya, TEN.

Mereka juga ikut “mengeroyok” sondtrack dari singles. Disitu Pearl Jam menyumbang nomor Breathe dan State of Love and Trust.

Album Ten, dengan penjualan yang mencapai jutaan kepingkemudian membuat terperangah publik. dari situ kemudian mereka memecah mecahnya menjadi sejumlah single yang umumnya mencapai sukses komersial. Ada yang tak beredar di kita, sepeti Yellow Ledbetter yang cuma bisa di beli di kawasan Amrik saja.

Toh, para anggotanya mencintai kehidupan. Sekali waktu mereka bentrok juga dengan sesama pemusik Seattle. Pearl Jam di buat Berang ketika Kurt Cobain mengatakan Pearl Jam adlah grup musik komersil. Belakangan Kurt sempat berbaikan lagi dengan Eddie Vedder. Namun secara psikologis hubungan kedua grup tersebut terlanjur retak.

Pearl Jam sendiri tampaknya tak saalah memilih Eddie Vedder, ia cepat membaca situasi dan dikenal punya gaya manggung yang unik. Contohnya ketika manggung di rangkaian tur pertama mereka di club bernama Harpo, Victoria, British Columbia. Waktu itu penontonnya mabuk-mabukan, Eddie dan teman-temannya di cuekin.

Tanpa pikir panjang Eddie segera melempar tangkai penyanggah mikropon seberat 12 pound ke atas kepala orang-orang yang lagi mabuk itu. Logam berat melayang di atas kepala mereka dan jauth di dinding bagian belakang bar yang ada di baris belakang penonton. Seperti tersadar, penonton kemudian memusatkan perhatiannya ke panggung. Semenjak itulah Eddie selalu beraksi di atas panggung dengan gayanya yang aneh.

Anggota band yang lain pun heran melihat tingkahnya, “waktu show di Texas, saya takut sekali melihat Eddie bergantungan di sebuah balok, 50 kaki diatas udara. Wah, ‘ni orang gila juga! Tapi, semangat sekali,” kata McCready.

Dengan sukses Ten, pearl Jam seakan teah memperkuat barisan pemusik Seattle dalam mengacak -acak pasar musik dunia. Albun kedua, Vs, terjual 1 juta keping cuma sebulan setelah di rilis pada 1993. Dan kini, (1994) menurut pantauan majalah Billboard album itu telah terjual sebanyak 5 juta kepiing hanya untuk kawasan Amerika. Bayangkan berapa angka yang mereka raih untuk peredarannya di seluruh dunia!.

Ibarat makanan Pearl Jam adalah selai yang memabukkan ditengah demam musik grunge.Harmonisasi musiknya yang manis, kadang menyentak, memang mudah diterima bahkan oleh awam sekalipun.

 

Iklan

17 responses

  1. Ping-balik: 2 player games for ps3

  2. Ping-balik: bank merchant account

  3. Ping-balik: best self publishing companies

  4. Pearl Jam adalah nama yang di usulkan Eddie Vedder Metal Is Power I was recommended this website by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my problem. You are incredible! Thanks! your article about Pearl Jam adalah nama yang di usulkan Eddie Vedder Metal Is PowerBest Regards Cindy

    17 Mei 2012 pukul 15:28

  5. It’s super site, I was looking for something like this

    8 Mei 2012 pukul 22:00

  6. Pearl Jam adalah nama yang di usulkan Eddie Vedder Metal Is Power Very nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have truly enjoyed browsing your blog posts. After all I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again soon!

    7 Mei 2012 pukul 22:40

  7. Ping-balik: Chase

  8. Pearl Jam adalah nama yang di usulkan Eddie Vedder Metal Is Power Pretty nice post. I just stumbled upon your weblog and wished to say that I’ve truly enjoyed surfing around your blog posts. In any case I’ll be subscribing to your rss feed and I hope you write again very soon!

    5 Mei 2012 pukul 13:27

  9. Ping-balik: Scrapebox

  10. Ping-balik: Scrapebox

  11. Ping-balik: chaseonlinebanking

  12. Ping-balik: suchmaschinenoptimierung service

  13. Ping-balik: Internet Marketing

  14. Ping-balik: SEO

  15. Ping-balik: seo agentur wien

  16. saya mungkin tidak akan terlalu kenal atau suka dengan pearl jam seperti skrg ini, kalau dulu namanya mookie blaylock ^..^

    2 Oktober 2011 pukul 00:43

    • tentu saja karena orang yang kenal dengan Mookey, yang pertama terlintas di benaknya adalah bola basket, bukan musik.

      2 Oktober 2011 pukul 05:58