All 'bout Metal Music 'n Life

Biografi DAVE MUSTAINE


Di tulis oleh: Kyai Hansen (seorang Guest Writer di blog ini)

“Salah satu gitaris Trash Metal paling berpengaruh”

Nama Lengkap: Dave Mustaine
Tempat/Tgl Lahir : La Mesa, California / 13 September 1961
Grup Band Saat Ini : Megadeth
Grup Band Sebelumnya : Panic, Metallica, MD 45
Gaya Permainan : Thrash Metal
Gear : ESP Flying V Dave Mustained Signature, ESP Special edition “Dave Mustained Series, Rocktron Prophesy pre-amps, Marshall EL34 100/100 power amps, Marshall PB100 Powerbrakes
Band Favorit : Iron Maiden, Saxon, Motörhead, Venom
Album Favorit : AC/DC – Let There Be Rock, Led Zeppelin – Presence

Dave Mustaine adalah salah satu musisi metal yang genius. Kemampuannya bermain gitar sudah bisa dikatakan menyamai musisi professional pada usia 15 thn.pada usia itu juga ia membentuk band yang diberi nama Panic. Namanya mulai terkenal saat ia mengikuti audisi gitaris Metallica dan terpilih sebagai lead guitar Metallica. Saat itu James Hetfield dan Lars Ulrich sangat terkagum-kagum dengan keahlian dan kecepatan tangannya. Bersama Metallica mereka menjadi band metal yang paling disegani. Namun ia dipecat karena masalah personal dengan James, selain itu kebiasaan dan temperamennya yang buruk juga menjadi salah satu penyebabnya.

Keluar dari Metallica ia membentuk Megadeth dengan basis Dave Ellefson yang masih exis sampai sekarang meski telah berganti-ganti personil. Megadeth pertama kali merelease album di tahun 1984 dengan judul Killing Is My Business…And Business Is Good. Album yang direlease dibawah label independent ini terbilang cukup sukses penjualannya. Hal tersebut menarik minat Capitol Records yang merupakan major label untuk merekrut Dave cs. Akhirnya tahun 1986 album Peace Sells…But Who’s Buying? direlease. Seperti dugaan sebelumnya, album ini sukses dipasaran hingga mendapat platinum.

Masalah kemudian muncul ketika Dave makin terlibat dengan alkohol dan obat-obatan terlarang. Di album ketiga yang berjudul So Far So Good… So What?! ia melakukan beberapa pergantian personel. Album ini juga berhasil mendapat platinum dan menduduki posisi nomor 28 di charts.

Sekitar tahun 1990an, ketergantungan heroin makin menimbulkan permasalahan-permasalahan baru. Ia kembali melakukan pergantian personel dengan memasukan gitaris Marty Friedman (ex. Cacophony). Album Rust In Peace pun direlease. Album ke empat ini lebih berhasil ketimbang album-album terdahulu. Nama Dave Mustaine makin dikenal dan sering sekali menghiasi cover majalah musik. Salah satu kelebihan Dave Mustaine adalah kemampuannya bermain gitar sambil bernyanyi

Dave semakin menemukan ramuan yang pas untuk bandnya ini, terbukti pada tahun 1992 ia kembali merelease album terbaru yang berjudul Countdown to Extinction. Lagi-lagi Megadeth meraih sukses yang lebih baik. Nama mereka makin berkibar dan sempat duduk di posisi nomor 2 di charts hingga diganjar double platinum.

Album-album berikutnya, Youthanasia (1994), kemudian Cryptic Writing (1997), Risk (1999). Megadeth sempat menyelenggarakan konser di Indonesia. Rencananya show tersebut akan digelar di Jakarta, namun kondisi keamanan yang saat itu sedang sangat buruk membuat panitia memindahkan lokasi ke Medan.

Tahun 2002 Dave sempat mengalami kecelakaan yang menyebabkan ia tidak bisa lagi bermain gitar. Hal tersebut membuat ia keluar / membubarkan Megadeth. Namun 2 tahun kemudian saat cederanya pulih, ia memutuskan untuk kembali melanjutkan Megadeth dan merelease album The System Has Failed.

6 responses

  1. Ping-balik: Scrapebox VPS Server

  2. Ping-balik: Chase Online Log in

  3. Ping-balik: Suchmaschinenoptimierung

  4. Ping-balik: Suchmaschinenoptimierung

  5. Ping-balik: seo angebote

  6. Ping-balik: webdesign seo