All 'bout Metal Music 'n Life

JAMES HETFIELD


Di tulis oleh: Kyai Hansen (Seorang Guest Writer di blog ini)

“Gitaris Yang Mempopulerkan Teknik Rhythm Power Chord”

Nama Asli : James Alan Hetfield
Tempat/Tgl Lahir : Downey, Los Angeles / 3 Agustus 1963
Website Resmi : http://www.metallica.com/Band/james.asp
Gaya Permainan : Thrash Metal

Group Band sekarang : Metallica
Pengaruh musikal : Black Sabbath, Thin Lizzy, Aerosmith, AC/DC, UFO, Blue Oyster Cult.
Gitar Yang Digunakan : ESP Flying-V, ESP Custom Deerskull Inlay Explorer, ESP Custom Black Explorer with Diamond Plate, ESP Custom Black & White Pin Stripe Les Paul, dll.
Pick Gitar : Dunlop Custom Nylon Picks
Ampli : Mesa Boogie 4×12 Speaker Cabinet, 2xMesa Boogie Strategy 400 power Amplifiers

Di awal tahun 80an, saat dunia heavy metal dilanda oleh band-band yang menampilkan make-up sebagai salah satu jualannya, James Hetfield tiba-tiba muncul bersama grup yang nantinya akan menjadi raja musik Metal sejagad. Kehadirannya tersebut mengembalikan penampilan musisi heavy metal seperti sebelumnya. Hanya dengan celana jeans dan baju belel, Metallica berhasil menyita perhatian.

James mulai serius mempelajari gitar ketika ia masih duduk di bangku SMA. Musik yang menginspirasinya adalah musik-musik dari band rock tahun 70an. Ia sempat membentuk band namun tidak ada yang serius dan langsung bubar hanya beberapa waktu kemudian.

Melalui sebuah iklan di koran, James bertemu Lars Ulrich yang sedang ingin membentuk band yang berkiblat pada band-band heavy metal asal Inggris. Setelah menyamakan visi dan misi, akhirnya James dan Lars sepakat membentuk Metallica. Formasi ini kemudian diperkuat juga oleh Clif Burton (bass), dan Dave Mustaine (gitar), sedangkan James sendiri pada vocal dan gitar, Lars Ulrich pada drum.

Awalnya band ini hanya bermain di kalangan underground. Tak lama kemudian mulai mendapatkan kontrak rekaman. Dave Mustaine keluar digantikan oleh Kirk Hammett. Formasi dua gitaris ini dirasakan lebih sangar dimana James Hetfiled berhasil menampilkan ciri khas permainan gitarnya sendiri. Ia memainkan teknik yang nantinya akan sukses digunakan oleh band-band beraliran keras. James selalu bermain pada wilayah senar 6 dan melakukan picking sambil menahan pangkal senar di bridge gitar dengan sisi telapak tangannya. Teknik inilah yang dinamakan power chord.

Meski ia bermain gitar sambil bernyanyi, namun hal itu tidak mengurangi kualitas permainan gitarnya. Selain bernyanyi dan bermain ritem gitar, James juga piawai dalam bermain solo gitar dan juga mencipta lagu. Salah satu lagu yang paling populer dikalangan pendengar musik non-Metal adalah lagu “Nothing Else Matters” yang ditulisnya dalam sebuah perjalanan tur Metallica. Tadinya lagu tersebut dibuat hanya untuk dirinya sendiri, namun ternyata rekan-rekan yang lain memintanya untuk memasukkan kedalam album Metallica yang akan dirilis.

Keahliannya dalam bermusik dan kontribusinya yang sangat besar membuat pabrik gitar yang berkarakter Metal, ESP untuk mengontrak James sebagai salah satu artis penggunanya.

15 responses

  1. Ping-balik: amoxicillin buy

  2. Ping-balik: click

  3. Ping-balik: all two player games

  4. Ping-balik: assembling jobs in tampa

  5. Ping-balik: lawyer auto accidents lancaster ca

  6. Ping-balik: toyo tires cheap

  7. Ping-balik: millitary command centers

  8. Ping-balik: searscard.com

  9. Ping-balik: Server

  10. Ping-balik: Scrapebox

  11. Ping-balik: chase bank

  12. Ping-balik: Scrapeboard

  13. Ping-balik: Internet Marketing

  14. Ping-balik: chorus karaoke and cafe website

  15. Ping-balik: http://www.christiangaming.org/redeemed/newboard/profile.php?mode=viewprofile&u=739