All 'bout Metal Music 'n Life

SOUL’S SILENCE – Act I: Sorrow Review


Band: Soul’s Silence

Di bentuk pada tahun: N/A

Album: Act I: Sorrow

Tanggal Rilis: Januari 2012

Type: EP

Negara: Brazil (São Paulo)

Genre: Doom / Gothic / Ambient Metal

Airton Alves »» Lead Vocals

Kleber Silva »» Guitars, Backing Vocals

Jeferson Menezes »» Keyboards

Rodrigo Sughayyer »» Bass

Sergio Barsant »» Drums

01. World of Illussions

02. Anubis

03. Great Sinner

04. Bitter Lands

05. Anima Crush

Soul’S Silence sebagai band baru cukup memuaskan dalam pembentukan nada-nada bergenre Doom. Kecepatan juga sudah di pertimbangkan dalam pembuatan lagu-lagu mereka seperti di lagu “Crush Anima”, walau kecepatan disini yang Saya maksud tentunya bukan kecepatan seperti kecepatan nya Power Metal atau Speed Metal. Namun untuk ukuran sebuah band yang mengusung genre Doom Metal mereka cukup enak di dengar bagi para pecinta Power Metal (Just Like Me 🙂 ).

Nuansa Timur tengah sangat akrab di dalam lagu-lagu mereka. Sepertinya akhir-akhir ini banyak bule yang melirik timur tengah sebagai referensi musik mereka. Lihat saja band NILE yang mengupas habis segala sesuatu tentang  Timur Tengah, bahkan banyak orang menyangka kalau Nile adalah band yang berasal dari Mesir, padahal bukan. Kembali ke Soul’s Silence: Nuansa timur tengah ini sangat terasa di lagu berjudul “Anubis” dan lagu “Great Sinner”, walau backing VOcal nya Kleber silva di lagu Great Sinner pada awalnya dengan vokal yang clean namun Saya senang begitu backing vokal ini di ganti dengan suara yang lebih scream di akhir lirik nya. Cukup menggetarkan.

Permainan Bass juga cukup disiplin dan Saya sangat tidak setuju bila band ini di sebut sebagai Progressive Doom karena permainan mereka masih lurus-lurus saja. Tidak ada tempo-tempo yang berubah-ubah secara ekstrim. Bahkan kalau Saya boleh bilang permainan mereka masih dalam kategori standard, masih banyak band di Indonesia yang mungkin cukup bagus untuk bisa bersanding dengan Soul’s SIlence (tanpa bermaksud sama sekali merendahkan Soul’s SIlence) “ma’af”. Vokal Airton ALves cukup mengesankan dengan power yang kuat dan stabil namun bila diselingi dengan scream sedikit mungkin akan lebih menggigit telinga. Pemainan drum Sergio Barsant secara umum standard, atau mungkin karena ini masih belum sempurna sebagai sebuah album dan dengan sound yang masih kasar bass drum nya kurang terdengar karena tertutup suara keyboards yang lebih dominan dan gitar tentunya.

Secara keseluruhan album ini cukup mengesankan terutama bagi band yang di bentuk bahkan tanpa pengalaman bermusik pada awalnya.

Catatan yang penting menurut Saya adalah lagu berjudul Anima Crush, secara musikal saya tidak merasakan unsur Doom disini, bahkan malah terasa seperti heavy Metal saja yang sebenarnya menjadi nilai tambah dalam album ini dan memberikan sentuhan warna-warni dalam album ini. Sukses buat Soul’s Silence, Keep Metal Alive!!

Iklan

Komentar ditutup.