All 'bout Metal Music 'n Life

Apa itu Doom Metal??


Genre lain dalam keluarga Metal adalah Doom Metal. Berbagai genre selalu di klasifikasikan dengan instumen, pengembangan dan gaya dari musik itu sendiri. Doom Metal adalah Heavy Metal yang di turunkan speed nya, tuning gitar dan distorsi yang lebih gelap. Anda akan menemukan lirik tentang kesengsaraan, kematian dan ketakutan dalam musik Doom Metal.
Gaya Vokal

Vokal yang jernih ( clean ) cenderung lebih di satukan dalam Doom ketimbang Metal. Teriakan-teriakan yang keras tidak jarang dalam Doom Metal. Gaya ini biasanya banyak disatukan dalam band-band Doom Metal. Bobby Lebling dan Ozzy Osbourne adalah vokalis yang terbaik yang telah berhasil menyatukan gaya ini ke dalam musik mereka. Ada beberapa gaya lain yang terdapat dalam keluarga Doom Metal. Kebanyakan band Doom Metal memiliki teriakan, namun beberapa memiliki Geraman dalam vokal mereka.

Kebanyakan lirik yang di tulis oleh anggota Doom Metal tidak terlalu spesifik. Kebanyakan mereka menulis tentang inspirasi dalam hidup mereka. Emosi-emosi seperti depresi, kemarhan, kematian , ketakutan dan kesengsaraan adalah yang paling mungkin di temukan dalam Doom Metal. Band-band  lain menyuarakan inspirasi dari literatur, agama dan simbolisme, yang menginspirasi kehidupan mereka.

Instrumen Doom Metal

tak ada perbedaan Doom Metal dengan Metal-Metal lainnya dalam Instrumen. Instrumen seperti drum, gitar dan bass sudah pasti ada. Namun ada tambahan seperti keyboard. Untuk membuat suara distorsi gitar yang berat dan nge-bass para gitaris menyetem gitar mereka dengan setelan yang cukup rendah, turun beberapa nada dari standard. Ini akan membuat efek suara yang lebih gelap. Dan dengan drum yang double pedal maka akan bertambah lengkaplah suara gelap yang mereka hasilkan.

Subgenre pada Doom Metal

Ada banyak kategori dan sub genre dalam Doom Metal. Masing-masing dari subgenre ini memiliki elemen dan gaya masing-masinng. Lihatlah beberapa subgenre Doom MEtal berikut ini:

Tradisional Doom Metal

Ini adalah awalnya dari semua Doom Metal. Semua Doom Metal berawal pada tahun 1990-an dimana semua ide tentang Doom Metal lahir. Beat yang lebih lambat dan distorsi yang lebih berat akan jatuh ke genre tradisional. Anda akan menemukan teriakan , geraman yang clean dalam genre ini. Beberapa band yang cocok di kategorikan kedalam tradisional Doom Metal adalah : Witchcraft, Ogre dan Reverend Bizarre.

Epic Doom Metal

Tradisional dan Epic sangat mirip dalam gaya. Hanya saja dalam vokal Epic memiliki vokal yang jauh lebih Clean ketimbang tradisional. Beberapa band yang masuk kategori ini adalah: Candlemass, Solitude Aeturnus, Doomsword dan Solstice.

Stoner Doom Metal

Stoner biasanya dikenal sebagai Psychedelic Doom Metal. Mungkin anda bertanya “kenapa???”, karena mereka memiliki gaya psychedelic ( perasaan tenteng sesuatu yang berbau obat bius ). Lebih memberatkan kepada bass dan efek gitar, gaya ini mungkin sedikit kebalikan dari ciri khas Doom Metal. Efek gitar genre ini biasanya adalah Phaser, flanger dan Fuzz. Inii menjadi salah satu genre Doom Metal yang menyatukan pedal efek. Perhatikan Elektric wizard, Kyuss, Acid King, Sleep dan Sons of Otis yang mengusung genre ini.

Sludge

Jika anda menyatukan  Metal, Hardcore Punk dan southern rock anda akan mendapatkan aroma dari Sludge. Band-band yang mengusung aliran ini membuat tempo yang cepat. Gitar-gitarnya akan mengeluarkan “Sluggish Sound” di iringi dengan beat drum yang cepat. Menyuarakan tenteng masyarakat, politik dan obat bius adalah apa yang akan anda temukan dalam Sludge. Crowbar, Eyehategod, Grief dan Acid Bath adalah band-band yang mengusung genre ini.

Death Doom

Menyatukan distorsi yang benar-benar berat dan tempo yang lambat benar-benar membawa anda ke Death Doom. Anda juga akan menemukan geraman dan dengkuran lebih dalam genre ini. Ini biasanya menjadi sesuatu yang berbeda dari subgenre ini. Lebih banyak double pedal drum dari pada Doom Metal biasanya. Celtic Frost dan Hellhammer adalah inspirator dari genre ini. Autopsy, Asphyx, Winter, Paradise Lost and My Dying Bride adalah beberapa diantara band-band yang mengikuti aliran ini.

Black Doom Metal

Black atau Blackened dikenal sebagai penggabungan antara Doom Metal dengan Black Metal. aliraan ini mempunyai teriakan yang dilemparkan ke kuping kita dan denga distorsi mentah yang sangar. Mereka juga bermain dengan tempo yang lebih lambat. Dolorian, Nortt, Gallhammer dan Ajattara adalah beberapa contoh Band yang mengusung aliran ini.

Ada banyak variasi dan kreasi dari masing-masing subgenre musik. Seperti yang sudah dibuat dan akan terus berkembang ke masa depan. berbagai subgenre ini termotifasi dari Doom Metal itu sendiri dan juga dari genre Metal yang lain. Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa Doom Metal bisa di kategorikan kedalam beberapa sub-genre. Doom Metal sudah populer semenjak 1990-an dan tetap hidup sampai sekarang. Walaupun memang Doom Metal tidak menarik perhatian publik begitu banyak, tapi Doom Metal tak akan mati.

Iklan

6 responses

  1. Ping-balik: Server

  2. Ping-balik: chase bank

  3. Ping-balik: Suchmaschinenoptimierung

  4. Ping-balik: GHOST BRIGADE – Until Fear No Longer Defines Us | Full Length Album 2011 « Metal Is Power

  5. Ping-balik: Biografi DRACONIAN « Metal Is Power

  6. Ping-balik: AMORPHIS – The Beginning Of Times | Full Length Album 2011 « Metal Is Power