All 'bout Metal Music 'n Life

Jenuh wawancara/ Nirvana


Bulan Agustus 1991, setelah rekaman selesai, Nirvana jadi band pembuka sonic youth dan Dinosaur Jr dalam tur keliling Eropa. Pulang hanya untuk keperluan menyelesaikan pembuatan kli TEEN SPIRIT. Tanggal 20 September 1991, 4 hari sebelum Nevermind di rilis, Nirvana mengawali tur keliling Amerika Utara.
Selain manggung, ketiga cowok ini juga di sibukkan oleh publikasi. Kurt sempat bercerita pada Geffen bahwa selama di Sub Pop mereka hampir gak pernah melakukan wawancara, dan gak ingin hal ini terulang lagi. Alhasil selama tur itu mereka masing-maing melaakukan hampir setengah lusin wawancara setiap hari. Lama-lama karena jenuh juga, kambuh lagi deh kejailan mereka. Saat wawancara, mereka melihat dulu apakah si wartawan termakan cerita hisapan jempol di press release mereka, kalau ya mereka langsung meraja lela.
Seiring dengan menanjaknya angka penjualan Nevermind publik Nirvanapun mulai berubah. Dulu, fans mereka adalah kalangan pencinta musik yang intelek, progesif, tidak macho dan tidak seksi. Sekarang pertunjukan mereka di hadiri oleh anak-anak type JOCK dan pencinta metal yang berpikiran sempit, yang tidak memahami isi lagu mereka”,:”He’s the one who likes all of our pretty songs/and he like to sing along/And he likes to shoot his gun/But he now not what it means”, Nirvana jelas gak menyukai perubahan ini.
“Saya jadi makin gila selama tur Nevermind, karena melihat makin banyak penonton kami yang tidak saya inginkan kehadirannya. Mereka mulai bikin saya jengkel.” umpat Kurt Cobain.
Dengan sendirinya, acara rusak merusak instrument berangsung makin gila-gilaan. Dan sewaktu Nirvana main di acara MTV HEADBANGERS BALL, Kurt tampil dengan rok kuning dan kacamata hitam, untuk meledek pemirsa MTV yang Homophobi.
Nevermind menyabet penghargaan emas tanggal 29 Oktober 1991, cuma sebulan setelah di rilis. Padahal target semula penjualan cuma 200.00. Atau kalau pun bisa mendapat penghargaan emas, diperkirakan perlu waktu setahun.
Sementara Nirvana kembali di sibukkan teur ke Eropa, Amerika di landa Nirvanamania. Nevermind masuk top40 di urutan ke 35, dan menanajak dengan cepat,-17, 9, 4, dan menetap di top10 selama bulan November dan Desember. TEEN SPIRIT di puter tanpa henti di MTV, orang sibuk membedah lirik Kurt yang ambigu, kritisi musik sibuk membahas dampak kesuksesan Nirvana terhadap peta musik secara keseluruhan. Perusahaan-perusahaan rekaman mulai berpaling ke Seattle untuk mencari Nirvana2 baru, hingga timbullah demam grunge dan alternatif yang masih berlangsung sampai sekarang.
Tapi Kurt sendiri malah nggak habis pikir melihat kehebohan ini, karena menurutnya toh banyak grup underground yang lebih bagus dari Nirvana.
Pada minggu terakhir 1991, Nirvana melakukan tur singkat dengan Red Hot chili Peppers dan Peal Jam. Nirvana menjadi bintang dalam tur ini, bahkan mengungguli kepopuleran RHCP yang jadi bintang acara.
Kemudian tanggal 11 Januari 1992, Nevermind melompat ke peringkat satu di Billboard, mengungguli U2, Guns n Roses, Garth Brooks dan bahkan mengungguli Michael Jackson. Album itu juga jadi nomor satu di Belgia, Perancis, Irlandia, Israel, Spanyol, Swedia dan Kanada, serta masuk 3 besar di hampir semua pasar dunia. Nirvana mulai jadi incaran artis-artis lain untuk tur bareng, mulai dari Ozzy Osbourne sampai Guns n Roses, tapi mereka menolak keras.

Iklan

14 responses

  1. Ping-balik: two player games pc

  2. Ping-balik: work at home assembling goods

  3. Ping-balik: real estate investment management

  4. Ping-balik: Car Accident Lawyer Lancaster

  5. Ping-balik: cell phone towers

  6. Ping-balik: sears card

  7. Ping-balik: Server

  8. Ping-balik: Scrapebox VPS Server

  9. Ping-balik: Chase Online Log in

  10. Ping-balik: Suchmaschinenoptimierung

  11. Ping-balik: SEO

  12. Ping-balik: internet marketing wien

  13. Ping-balik: suchmaschinenoptimierung internet marketing

  14. Ping-balik: seriöse suchmaschinenoptimierung