All 'bout Metal Music 'n Life

Apa itu Stoner Metal???


Stoner Rock atau Stoner Metal adalah sub genre dari Heavy Metal yang menggabungkan elemen-elemen dari Psychedelic Rock, Blues Rock, dan Heavy Metal tradisional serta Doom Metal. Tipikal genre ini biasanya di lihat dari tempo yang lambat sampai sedang-sedang saja, di tambah dengan sound Bass yang berat, dan vocal yang melodius. Genre ini muncul pada tahun 1990-an dan di rintis oleh band California seperti Kyuss dan Sleep.

Istilah Stoner Rock muncul pertama kali dari sebuah album kompilasi yang di rilis oleh Road Runner Records yang berjudul  Burn One Up! Music for Stoner. Desert Rock bisa di jadikan gambaran sedikit tentang Stoner Rock ini seperti album kompilasi yang di rilis oleh MeteorCity Records yang berjudul Welcome to Meteor City.

Karena kemiripan antara Stoner Rock dan Sludge Metal, sering terjadi kesalah pahaman antara dua genre ini. Pencangkokan ini mempunyai cirri khas dari kedua genre ini, namun biasanya band-band yang menganut aliran ini menghindari pemakaian atmosfir baik dari Stoner Metal dan hanya menggunakan Psychedelia. Band-band seperti Bongzilla, Weedeater, High On Fire, dan Electric Wizard di kenal sebagai band-band yang menggabungkan kedua genre ini.

Seperti kebanyakan sub genre di dunia music, keaslian Stoner rock sangat susah di buktikan dan gak jelas. Walaupun demikian, Stoner Rock mempunyai nenek moyang dan lagu yang asli yang membantu membentuk genre ini. Blue Cheer termasuk sebagai salah satu band yang mempelopori genre ini. Setelah merilis album pertama mereka pada tahun 1988, Soundgarden disebut-sebut sebagai pembawa stoner rock di tahun 1990-an. Dan antara pertengahan tahun 1990-an banyak band-band dari California yang membuat gaya bermusik baru yang akhirnya kita sebut belakangan sebagai Stoner Rock. Pada tahun 1992, Kyuss muncul dengan album Blues For The Red Sun, yang mana album ini sering di gadang-gadang sebagai album pertama nya Stoner Rock. Kemudian di tahun yang sama band Doom Metal asal San Jose bernama  Sleep juga merilis album yang berjudul Sleep’s Holy Mountain. Album ini menjadi favorit bagi insan pers dan band ini telah di gembar-gemborkan sebagai band yang mempelopori Stoner Metal bersama Kyuss.

Komentar ditutup.