All 'bout Metal Music 'n Life

SHAHYD LEGACY – Nostalgia


Band: Shahyd Legacy

Di bentuk pada tahun: 2006

Album: Nostalgia

Tanggal Rilis: 08 September 2012

Type: Full Length Album

Negara: Maldives

Genre: Instrumental Rock

Shahyd Legacy »» All Instrument (2006-)

Mishy »» Vocals

Ammaday »» Vocals

01. Once Upon a Time

02. Angel of Dreams

03. Your Heartbeat in My Pulse

04. Destiny

05. Glimpse of Hope

06. Final Destination

07. Silent Prayer

08. Wake Me Up (feat. Mishy and Ammaday)

09. Cry For You

10. Sacrament

11. Orchid Sanctuary

12. Nostalgia

13. Epilogue

Shahyd, atau yang lebih di kenal oleh para fansnya sebagai Mr. Legacy memulai karir nya di dunia musik pada tahun 2004 dengan band nya yang di beri nama SYN. Kemudian Shahyd mengangkat derajat musik nya dengan membentuk band Sacred Legacy pada tahun 2006. Bersamaan dengan itu dia juga memulai solo karir nya “Shahyd Legacy” yang sejauh ini telah menelurkan dua album.

Album Nostalgia ini cukup mengesankan bagi Saya. Permainan gitar yang di tawarkan Shahyd atau bolah kita panggil Mr. Legacy sangat mengagumkan. Riff-riff gitarnya yang berat cukup memuaskan telinga Metal Saya seperti yang bisa kita dengar di lagu Orchid Sanctuary. Kemudian solo gitarnya bisa membawa angan-angan ke level yang kita mau, yah…. maksud Saya kemana kita berangan-angan akan gampang sampai ke tujuan bila di telinga mengalir solo-solo gitarnya Mr. Legacy.

Untuk track pertama berjudul Once Upon a Time terasa dari awal unsur opera yang kental dengan Piano dan orchestra yang megah membawa angan-angan Anda ke tempat-tempat indah di negeri antah berantah disusul dengan harmoni gitar dan rhythm gitar yang renyah, hanya saja unsur piano di tengah-tengah lagu Saya rasa sedikit kurang proporsional karena terlalu mengganggu, maksud Saya terlalu terdengar ke depan sementara solo gitar yang sedang mengalir deras seperti agak tertekan ke belakang.

Di track yang kedua berjudul Angel of Dreams sangat tearasa unsur Power Metal disini, sayang vocalnya yang seperti malas-malasan menjadi kurang menggigit. Satu lagi yang Saya senang dengan Mr. Legacy adalah sound rhythm gitarnya yang crunchy, kalau bisa Saya umpamakan seperti kerupuk yang baru di goreng, renyah dan gampang di cerna.

Track ketiga berjudul Your Heartbeat in My Pulse sangat lembut yang menurut Saya akan sangat nyaman di jadikan teman pengantar tidur. Lick gitarnya jelas berputar dari satu arah ke arah yang lain dan gampang di baca sehingga Anda tidak akan mengernyitkan kening saat mendengarkannya. Suara keyboard di background nya menambah keren track yang satu ini.

Track ke empat berjudul Destiny kembali telinga Metal Saya di manjakan dengan elemen Power Metal dan riff-riff berat seperti Heavy Metal dengan ketukan lambat dan putus-putus disambut dengan rhythm gitar yang straight begitu pas di dengarkan saat berkendara di mobil Anda. Kembali unsur teaterikal muncul dan menegahi solo gitar yang sedang asik-asiknya berpacu, dan ini justru membuat Anda merasa penasaran.

Track kelima berjudul Glimpse of Hope di awali dengan suara seorang anak kecil (perempuan Saya kira) yang menyanyikan lagu ABC dasar dalam bahasa Inggris langsung di sambut harmoni gitar, jelas membawa angan Saya kepada sebuah harapan tentang manisnya masa kecil dan harapan yang bertumpuk di dasar hati seorang anak kecil tentang kehidupan.

Track ke enam berjudul Final Destination Saya tidak bisa banayak komentar tentang track yang satu ini, yang jelas begitu masuk ke kecepatan yang memuaskan telinga Metal Saya langsung terasa aliran adrenalin yang mengalir deras di pembuluh darah dengan teknik Arpeggio di sana sini dan rhythm yang crunchy tetap membuat semangat.

Track ketujuh berjudul Silent Prayer pada awalnya perasaan langsung di terpa nuansa sedih yang dalam dan nuansa renungan yang jauh ke awang-awang seakan bercerita tentang hidup dan kehidupan yang tak akan pernah terlepas dari kekuasaan Yang Maha Kuasa.

Track ke Delapan berjudul Wake me Up nuansa gothic malah yang mengental di perasaan denga vokal Mishy yang clean dan cukup tinggi dan di iringi vokal Ammaday yang serak-serak basah namun juga tinggi seakan Anda sedang mendengarkan band-band Symphonic metal dan sesaat Anda akan merasa lupa bahwa ini adalah albumnya Mr. Legacy. Sangat mengesankan bahwa Mr. Legacy bisa menghadirkan bahayk genre berbeda dalam album nya ini, yang juga membuktikan bahawa kualitasnya tidak akan di ragukan lagi.

Track ke sembilan berjudul Cry For You symphonic metal nya juga masih terasa sangat kental seperti kita di bawa ke zaman kerajaan masa lampau, sound teaterikal yang mengemuka membawa angan Anda ke tempat bersejarah seperti kastil-kastil di masa jayanya. Sangat sedikit solo gitar disini. Sudah hampir separuh perjalan lagu ini barulah harmoni solo gitar muncul.

Track sepuluh berjudulSacrament kembali beat cepat Power Metal muncul, dengan vokal Mishy yang khas. seperti sedang mendengarkan band sekelas Epica. Solo gitarnya pun dengan shred yang mengesankan akan membuat Anda merasa seperti berada di dua genre musik berbeda. di lagu ini Ancient Bards mungkin akan merasa iri dengan garapan lagu ini, andai saja Ancient Bards bisa menggarap lagu seperti ini🙂

Track ke sebelas berjudul Orchid Sanctuary Saya rasa inilah lagu terbaik dalam album ini karena bagi Saya pribadi lagu inilah yang mewakili Saya secara total. Kecepatan lagu ini sangat menyenagkan bagi Saya, walau ada juga jeda-jeda yang malah justru membuat secara keseluruhan track ini mewakili happyness dan kegembiraan.

Track dua belas berjudul Nostalgia benar-benar membawa Anda ke suatu tempat di masa lalu Anda. Dengan tempo yang lembut dan rhythm gitar yang hanya di pukul sekali-kali saja membuat solo gitar terasa kental sekali mengalun.

Track tiga belas adalah Epilogue membawa Anda ke nuansa band-band bergenre Power Metal kembali, riff-riff gitar yang berat dan di iringi dengan solo gitar di tambah harmoni dari suara double gitar cukup mengesankan. Teknik arpeggio di track ini juga sangat kental terasa. Saya sempat bingung Mr. Legacy ini genre nya apaan sih…❓

Secara keseluruhan album ini cukup mengesankan. Saya pribadi merasa puas dengan hasil karya Mr. Legacy kali ini. Cuma Saya lebih cenderung mendengarkan permainan solo yang cepat dari Mr. Legacy. Bila sudah masuk ke lagu-lagu yang bertempo lambat Saya sedikit bosan dengan permainannya. Namun menggabungkan beberapa genre ke dalam satu album bukan lah perkara mudah. Namun Mr. Legacy melakukannya dengan tanpa cacat. Sungguh sebuah karya Masterpiece menurut Saya. Saya mencatat khusus untuk lagu-lagu seperti Orchid Sanctuary, destiny, dan Final Destination sebagai lagu-lagu terbaik di album ini. Sukses terus buat Mr. Legacy.

Komentar ditutup.