All 'bout Metal Music 'n Life

Biografi JEFF LOOMIS


Requested by: Joey Tomb

Jeff Loomis lahir pada tanggal 14 September 1971. Dia lebih dikenal sebagai gitaris dari grup band Progressive Metal Nevermore. Loomis mendapatkan instrument music pertamanya pada usia Sembilan atau sepuluh tahun, namun pada saat itu dia belum mulai berlatih secara serius. Latihan serius baru di mulainya pada usia 15 tahun. Sebagai seorang remaja dia main di berbagai band yang membawakan lagu-lagu orang lain, dia juga pernah main di tiga band yang mengusung aliran Death Metal sebelum bergabung dengan band yang sudah stabil. Pada usia 16 tahun Loomis sudah memenangkan sebuah kontes bertajuk Wisconsin’s Guitar Wars.

Pada era So Far, So Good… So What Loomis ikut audisi di Megadeth pada usia 16 tahun, setelah gitaris Megadeth Jeff Young di pecat. Setelah memainkan beberapa lagu bersama, Dave Mustaine dan lead gitaris mereka berterima kasih kepadanya dan bilang bahwa suatu saat Loomis akan jadi seorang gitaris handal, namun karena usia nya untuk saat itu Loomis belum bisa di terima untuk mengisi posisi gitaris di Megadeth. Suatu hari Loomis nonton pertunjukan dari band Cacophony, dia kemudian menceritakan kepada Marty Friedman tentang dia mengikuti audisi di Megadeth itu. Marty Friedman menjadi sangat tertarik dengan hal tersebut. Marty mencoba ikut dalam audisi tersebut dan diterima sebagai giaris di Megadeth pada tahun 1989. Pada tahun 2005 Loomis akhirnya sepanggung dengan Megadeth sebagai lead gitaris untuk band Nevermore, acara ini bagian dari festival Mustaine’s Gigantour. Loomis mulai mengerjakan solo album nya Zero Order Phase .Pada saat itu Megadeth mencoba mencari gitaris baru kembali, dan mengundang Loomis untuk ikut mencoba lagi. Loomis mengecewakan Megadeth dengan alasan dia sedang sibuk dengan solo albumnya. Secara kebetulan sekali pemain gitar Nevermore yang lain, Chris Broderick, mengikuti audisi tersebut dan diterima.

Tidak berapa lama setelah mengikuti audisi di Megadeth tersebut, (yang di ikuti juga oleh Steve Smyth dan Chris Broderick, yang kedua nya akhirnya bermain bersama Loomis.) Loomis akhirnya bergabung dengan sebuah band bernama Sanctuary setelah gitaris band ini Sean Blosl keluar dari band. Namun karena keraguan yang di timbulkan oleh Lenny Rutledge tentang mengubah orientasi music Sanctuary kearah lebih Grunge, Sanctuary akhirnya bubar.

Setelah Sanctuary bubar, Loomis dan mantan anggota yang lain, Warrel Dane pada Vocals dan Jim Sheppard pada bass membuat rencana untuk mendirikan Nevermore, yang akhirnya resmi berdiri pada tahun 1994. Selama masa-masanya di Nevermore dialah penulis lirik utama dalam band ini, dengan menambahkan sound yang unik yang telah membuat para fans langsung mengenalinya. Sumbangan pikiran dan skill nya dapat di lihat pada album The Politics Are Exctasy, Dreaming Neon Black, This Godlees Endevour dan album Nevermore tahun 2010 silam, The Obsidian Conspiracy. Permainan Loomis sangat mempengaruhi sound yang di hasilkan band ini sampai sekarang, dengan skill seperti Sweep Picking. Pada tanggal 21 April 2011 dia dan Van Williams cabut dari band ini karena perbedaan pendapat dengan Warrel Dane.

Pada tahun 2005, Loomis di kabarkan istirahat dulu dari bermusik, dan mencoba merekam album solo. Pada tanggal 03 Juli 2008 diumumkan bahwa album solo itu berjudul Zero Order Phase. Album ini di rilis pada tanggal 30 September melalui Century Media Records. Pada masa-masa ini Dave Mustaine kembali mengundang Loomis untuk menjadi lead gitar di Megadeth, namun dia menolaknya.

Loomis punya kolom bulanan di majalah Guitar World dengan judul “Merchant of Menace” dimana dia menerangkan bagaimana cara memainkan riff dan solo gitar di lagu2 naya Nevermore. Pada kolom tulisannya yang sekarang sudah lebih sering di bantu oleh gitaris pendamping nya Steve Smyth. Dia juga tampil di Young Guitar Magazine dimana di amenunjukkan pada para gitaris cara bermain gitar, dan gaya permainannya serta gitar signature nya di Nevermore.

Loomis memainkan bermacam jenis gitar merk Schecter dengan 7 senar termasuk Jeff Loomis c7 FR Signature Model dengan pickup EMG 707 dan Floyd Rose Tremolo. Dia banyak memakai gitar di beberapa album nya di Nevermore, seperti Ibanez, Gibson, Jackson, ESP dan Warmoth. Pada video yang berjudul Believe in Nothing dia terlihat memakai gitar LTD M series.

Komentar ditutup.