All 'bout Metal Music 'n Life

Appetite for Destruction, G N’ R Lies (1987–1989)


Album pertama GnR adalah Appetite for Destruction dirilis pada 21 Juli 1987. Album ini mengaami perubahan karya seni setelah desain sampul asli Robert Williams ( menampilkan adegan dimana sebuah dagger toothed monster vengefully menyerang robot pemerkosa ) melahirkan album ini. Sampul yang direvisi ini adalah karya Bill White, seorang seniman tattoo, yang telah merancang tatto untuk Rose tahun sebelumnya. Seninya adlah menampilkan tengkorak setiap personil diatas sebuah kayu salib. Rose kemudian bersikeras bahwa Gold dan Platinum Plak yang di keluarkan oleh RIAA  diatur menggunakan sampul asli, yang dapat ditemukan dalam booklet CD rilis. Di Amerika “Welcome to the jungle” di rilis sebagai lagu pembuka diiringi dengan video musik yang menyertai rilisnya. Album dan single ini bertahan hampir setahun penuh tanpa ada perkembangan yang berarti. Namun ketika pendiri Geffen Record David Geffen diminta untuk memberikan dukungan buat Band ia harus dengan pribadi meyakinkan pihak MTV untuk memutar video Welcome to the Jungle selama rotasi after hour mereka. Meskipun video itu diputar hanya sekali jam 4 pagi di hari minggu, para penggemar Heavy Metal dan Hard Rock mulai memperhatikan dan meminta pemutaran lagu dan video itu secara massal. Di Jepang seluruh EP berjudul Live From the Jungle dikeluarkan, mengandung versi album Sweet Child O’ Mine bersama dengan banyak pilihan Marquee Club Recordings.
Welcome to The Jungle ini juga muncul dalam film nya Clint Eastwood 1988  berjudul The Dead Pool dan anggota band mendapat penempilan cameo dlam film ini. Sweet Child O’ Mine adlah single kedua pada album US yang ditulis oleh Rose sebagai puisi untuk kekasihnya, Erin Everly. Karena keberhasilan pertumbuhan band dan lintas gender dari lagu ini, lagu dan video musik yang menyertainya ini mendapat penghargaan heavy airplay untuk radio dan MTV, mendapat sukses besar selama musim panas 1988 dan mencapai bagian atas grafik di Amerika serikat. Slash menyatakan dalam VH1’s 100 Greatest Songs of the 80s, “Saya benci lagu ini, tapi ternyata malah menjadi lagu terbesar kami sepanjang masa”. Kemudian Welcome to The Jungle di keluarkan kembali sebagai single, dengan pressing rekaman dan kaset dan karya seni yang baru. Itu adalah rilis ulang yang sukses, sebagai mana single ini mencapai No7 di chart US. Versi rilis ulang di Inggris mencakup versi akustik dari lagu You’re Crazy di rekam jauh lebih awal dari yang di tampilkan di GnR lies album.
Pada saat Paradise City dan videonya mencapai udara dan memuncak di No5 di amerika, tur band dan kesuksesan telah melempar album ini ke No1 Billboard Chart. Welcome to the Jungle, Sweet Child O’ Mine dan Paradise City telah masuk top ten Amerika serikat. sampai saat ini Appetite for Desttruction telah terjual lebih dari 28 juta eksemplar di seluruh dunia. Telah bersertifikat sebagai 18X platinum di Amerika Serikat. Ketenaran pun mulai memihak mereka, Guns n’ roses memuai show besar-besaran. tur keliling dunia pun di jadwalkan. Mereka tur keliling Amerika, dan pada musim semi 1988 mereka di undang main di Monster of Rock yang terkenal itu di Castle Donnington, Leichestershire, Inggris. Dimana mereka berbagi anggung dengan Iron Maiden yang berasal dari negara itu dan dengan Kiss dari negara asal mereka, Amerika. Pada awal pertunjukan Guns n’ Roses kapasitas kerumunan orang pada saat itu mencapai 10.000 orang lebih dan mulai meloncat-loncat dan bergelombang maju. Meskipun Rose sudah meminta kerumunan untuk menjauh dari panggung namun 2 orang penggemar meninggal terinjak injak. Kebanyakan orang menyaahkan band ini karena tragedi itu, dan melaporkan bahwa band tetap bermain walaupun ada kondisi yang berbahaya yang sedang terjadi. Bahkan laporan akhir dari kepala keamanan saat isiden Donnington ini terjadi bahwa band tidak menyadari luasnya kerumunan yang cidera, mereka akan segera menghentikan set mereka jika diminta dan telah berusaha menenangkan kerumunan. Meskipun demikian sepanjang tur Appetite for Destruction ini band ini mendapat gelar Band Paling Berbahaya. Selain itu perilaku anggota band juga mengumpulkan persepsi negatif dari media., Slash, Duff, Izzy dan Adler sering terlhat sedang mabuk, baik di panggung maupun di luar panggung.
Rilis album berikutnya adlah GnR Lies. pada tahun 1988 dan mencapai no2 di bilboard Chart. Dalam album ini termasuk empat lagu dari Live ?!*@ Suicide di satu sisi dan versi akustik di sisi lain. Lagu “One in a million”, yang termasuk kata-kata “Niggers” dan ‘Faggots” diantara kata-kata kotor lainnya yang membuat band ini di kecam banyak kalangan, terutama Axl Rose tentang rasialisme dan homofobia. Rose menjawab ( di tahun 1990, waktu wawancara dengan MTV ) bahwa tuduhan-tuduhan itu tidak beralasan, terutama mengingat Slash sendiri adalah setengah berkulit hitam. Dia terus menerus mengatakan bahwa kata-kata itu adalah protagonis dan bukan pernyataan pribadinya, dan dalam lirik tercermin rasial dan cenderung merugikan masyarakat dari pada mempromosikan mereka. Rose juga di kutip mengidolakan penyanyi yang biseksual seperti Freddy Mercury dan Elton Jhon. GnR telah bermain bersama band-band kulit hitam lainnya seperti Body Count dan lead vokal nya Ice T menulis di bukunya, pendapat Ice, bahwa “AXL telah menjadi korban pers sama saperti saya” tulisnya.

Bahkan setelah GnR lies dirilis, Appetite For Destruction tetap populer sepanjang tahun 1988 dan 1989, yang berhasil memenangkan dua kategori yaitu Favorit Heavvy Metal artist dan Favorit Heavy Metal album ( Appetite For Destruction ) di televisi nasional 1990 American Music Award, dimana Slash dan McKaggan terlihat jelas sedang mabuk. Akhirnya para anggota GnR mengambil langkah pengobatan dari pemakain obat-obat bius gara-gara Axl mengancam akan membubarkan band apabila mereka tetap memakai obat-obatan terlarang itu. Dia juga berbicara secara terbuka tentang situasi ini, terutama tentang kecanduan obat bius, sementara itu pembukaan untuk The Rolling Stones di Los Angeles Memorial Colliseum pada tahun 1989 dengan menyatakan bahwa apabila anggota band tertentu tidak berhenti ” menari dengan Mr.Brownstone” maka GnR hanya akan tinggal sejarah terutama mengacu pada Slash dan Adler.

Iklan

12 responses

  1. Ping-balik: free hp games click here

  2. Ping-balik: toyo proxes 4 tire rack

  3. Ping-balik: self-publishing companies reviews

  4. Ping-balik: trucking accident attorneys llano ca

  5. Ping-balik: VPS

  6. Ping-balik: VPS

  7. Ping-balik: chase online banking

  8. Ping-balik: Citibank

  9. Ping-balik: suchmaschinenoptimierung seminar

  10. Ping-balik: SEO

  11. Ping-balik: Suchmaschinenoptimierung

  12. Ping-balik: seo berater